Selasa 29 Aug 2023 18:11 WIB

Cina Tingkatkan Kerja Sama Militer dengan Afrika

Cina menilai kerja sama dengan Afrika dapat menambah kestabilan di dunia.

Menteri Pertahanan Cina, Li Shangfu mengatakan Cina akan meningkatkan kerja sama militer dengan Afrika
Foto: AP
Menteri Pertahanan Cina, Li Shangfu mengatakan Cina akan meningkatkan kerja sama militer dengan Afrika

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL -- Cina akan meningkatkan kerja sama militer dengan Afrika. Menteri Pertahanan Cina, Li Shangfu menilai kerja sama dengan Afrika dapat menambah kestabilan di dunia.

"Kerja sama yang baik antara Cina dan Afrika dapat menambah kestabilan di dunia," kata Anggota Dewan Negara dan Menteri Pertahanan Cina Li Shangfu pada Forum Perdamaian dan Keamanan Cina-Afrika ketiga.

Baca Juga

"Di masa depan, Cina akan meningkatkan kerja sama militer dengan Afrika di berbagai bidang termasuk latihan bersama, penjaga perdamaian dan pengawalan, pendidikan militer serta pelatihan profesional untuk memberikan kepastian, stabilitas, dan energi positif yang lebih baik ke dunia yang penuh gejolak,” kata Li.

Forum yang berlangsung selama enam hari tersebut diadakan di ibukota Cina dan akan ditutup pada Sabtu. Perwakilan dari hampir 50 negara dan organisasi regional di Afrika menghadiri forum tersebut, kata Kementerian Pertahanan Cina.

"Cina adalah negara berkembang terbesar dan Afrika adalah benua yang memiliki negara berkembang terbanyak. Cina dan Afrika saling berbagi suka dan duka. Cina bersedia berdiri teguh bersama rakyat Afrika dan menerapkan Inisiatif Keamanan Global dan membangun masyarakat China-Afrika dengan masa depan bersama," kata Li.

Inisiatif Keamanan Global yang diusulkan Presiden Cina Xi Jinping tahun lalu pada April bertujuan untuk menghilangkan akar penyebab konflik internasional, meningkatkan tata kelola keamanan global, mendorong upaya internasional bersama demi kestabilan dan kepastian yang lebih baik di masa yang penuh gejolak dan kerap berubah-ubah ini.

Terakhir, inisiatif tersebut mendorong perdamaian dan pembangunan yang berkelanjutan di dunia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement