Sabtu 19 Aug 2023 05:15 WIB

5 Senjata Paling Canggih dan Kuat Israel

Israel terus mengembangkan senjata dan teknologi baru di bidang pertahanan.

Rep: Lintar Satria/ Red: Esthi Maharani
 Seorang tentara Israel berlindung saat sistem pertahanan udara Iron Dome diluncurkan untuk mencegat roket yang ditembakkan dari Jalur Gaza, di Ashkelon, Israel selatan, Ahad, 7 Agustus 2022. Israel telah membunuh dua militan senior Jihad Islam dalam tiga hari penerbangan serangan di Jalur Gaza, dan militan Palestina telah meluncurkan hampir 600 roket ke Israel. Para pejabat Palestina mengatakan sedikitnya 31 orang di Gaza telah tewas.
Foto:

4.  Trophy Active Protection System (APS)

Sistem ini dipasang di kendaraan tempur. APS dirancang untuk melindungi kendaraan tempur terhadap granat berpeluncur roket dan rudal anti-tank. APS menggunakan radar untuk mendeteksi ancaman yang masuk dan kemudian meluncurkan balasan untuk menghancurkannya. APS akan mempersulit musuh menghalangi laju unit tempur tank dan kendaraan tempur Israel.

APS sangat efektif melawan rudal anti-tank (ATGM) dan granat berpeluncur roket (RPG). APS secara otomatis membalas serangan yang masuk. Trophy APS juga dapat menghadapi ancaman yang masuk dengan kecepatan sangat tinggi. Ini penting karena ATGM dan RPG dapat melaju dengan kecepatan sangat tinggi, sehingga sulit untuk dicegat.

Meski sangat canggih karena aktif secara otomatis dan cepat. Tapi Trophy APS yang sudah digunakan IDF ini memiliki beberapa kelemahan. Seperti sistem yang kompleks yang memerlukan perawatan rutin, relatif mahal dan hanya dapat melindungi bagian depan kendaraan.

5. Kapal selam kelas Dolphin

Ini adalah kelas kapal selam diesel-elektrik yang dilengkapi dengan berbagai senjata, termasuk torpedo dan rudal jelajah. Kapal selam ini digunakan untuk melakukan berbagai misi, termasuk pengumpulan intelijen, peperangan anti-kapal selam, dan misi serangan. Kapal selam kelas Dolphin yang dikembangkan Jerman dan Israel ini merupakan kapal selam paling canggih di Angkatan Laut Israel.

Kapal ini juga dilengkapi dengan berbagai sensor, termasuk radar, sonar, dan sistem peperangan elektronik. Sensor-sensor ini memungkinkan kapal selam untuk mendeteksi dan melacak kapal dan kapal selam musuh. Selain itu kapal ini juga sangat senyap sehingga sulit untuk dideteksi oleh kapal dan kapal selam musuh. Membuatnya kendaraan yang ideal untuk melakukan operasi rahasia.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement