Sabtu 19 Aug 2023 19:54 WIB

Lima Angkatan Laut Terkuat di Dunia, Indonesia Salah Satunya

Tiga dari lima angkatan laut teratas adalah negara Asia.

Rep: Lintar Satria/ Red: Nidia Zuraya
Kapal Angkatan Laut AS dan Jepang latihan bersama di Okinawa, Jepang, 4 Desember 2010. ilustrasi
Foto:

3. Rusia

Angkatan Laut Rusia, memiliki 265 unit aset aktif per Maret 2023. WDMMW memasukan Angkatan Laut Rusia diperingkat ketiga.

Namun, sebagian besar unit-unit Angkatan Laut Rusisudah menua, termasuk satu-satunya kapal induk, Admiral Kuznetsov. Selain itu, 58 kapal selam, 12 kapal perusak, dan empat kapal penjelajah juga sudah mulai menua. Usia rata-rata lambung kapal selam Rusia adalah 30 tahun.

Rusia memiliki satu fregat, 83 korvet, 28 kapal perang ranjau/anti-ranjau, 27 kapal patroli lepas pantai, dan 21 kapal serbu amfibi.

"(Rusia memiliki) divisi perang ranjau terutama merupakan instrumen era Perang Dingin Soviet yang sudah tua, seperti halnya sebagian besar pasukan serbu/pendukung amfibi," kata WDMMW.

WDMMW mencatat Rusia sedang berusaha memodernisasi angkatan lautnya, dengan memesan 82 unit, dan "komitmen nyata" untuk kapal perang korvet, kapal selam, dan kapal perang ranjau/kontra-ranjau yang baru. WDMMW memberi Rusia True Value Rating 242,3 dan mengatakan Rusia memiliki keseimbangan kekuatan yang "baik".

Militer Rusia telah kehilangan sejumlah peralatan utama dalam invasinya ke Ukraina, tetapi angkatan lautnya tidak memainkan peran utama, sehingga armadanya sebagian besar masih utuh. Salah satu kerugian yang signifikan adalah kapal induk Moskva, kapal andalannya di Laut Hitam, yang dihancurkan dalam serangan rudal Ukraina.

4. Indonesia

WDMMW memberi angkatan laut Indonesia True Value Rating  sebesar 137,7, dengan 243 unit aktif per Juli 2023. Indonesia memiliki empat kapal selam, tujuh fregat, 25 korvet, sembilan kapal perang ranjau/ antiranjau, 168 kapal patroli lepas pantai, dan 3 kapal serbu amfibi.

WDMMW mengatakan Indonesia tidak memiliki kapal induk, kapal penjelajah, atau kapal perusak. Lembaga itu mengatakan keseimbangan aset armada Indonesia "rata-rata" dan usia rata-rata lambung kapal Indonesia adalah 21,8 tahun.

5. Korea Selatan

WDMMW mengatakan angkatan laut Korea Selatan memiliki 138 unit aktif. Lembaga itu mengatakan angkatan laut Korea Selatan memiliki "kekuatan tempur yang seimbang yang mencakup semua jenis unit angkatan laut yang diharapkan, kecuali kapal induk dengan sayap tetap atau dedicated fixed-wing aircraft carriers".

"(Angkatan Laut Korsel) dibangun dengan mempertimbangkan pertahanan dan pencegahan", kata WDMMW.

Hingga  Mei 2023 kekuatan angkatan laut Korea Selatan tercatat terdiri dari 18 kapal selam, 12 kapal perusak, 12 fregat, 11 korvet, 11 kapal perang ranjau/perang ranjau, 64 kapal patroli lepas pantai, dan 1 kapal serbu amfibi.

WDMMW juga menyebutkan  kebangkitan angkatan laut Cina menjadi perhatian besar bagi Amerika Serikat dan sekutunya. Angkatan Laut Cina sedang memodernisasi armadanya dengan cepat, dan mereka sekarang proyeksi kekuatan mereka jauh melampaui pantai Cina Daratan. Hal ini telah menimbulkan kekhawatiran Cina dapat menggunakan angkatan lautnya untuk menegaskan klaimnya di Laut Cina Selatan dan tempat lain.

WDMMW menyimpulkan menguatnya persaingan angkatan laut  di Asia merupakan tantangan besar bagi kawasan ini. Amerika Serikat dan sekutunya perlu bekerja sama untuk memastikan bahwa kebangkitan angkatan laut Cina tidak mengarah pada konflik. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement