Kamis 24 Aug 2023 15:38 WIB

Polisi Korsel Tahan Enam Belas Pengunjuk Rasa Anti Pelepasan Limbah Nuklir Fukushima

Jepang mulai membuang limbah air radioaktif PLTN Fukushima ke laut.

Rep: Lintar Satria/ Red: Nidia Zuraya
 Sebuah foto udara menunjukkan pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima Daiichi di kota Okuma, Prefektur Fukushima pada Januari 2021.
Foto: AP/Kota Endo/Kyodo News
Sebuah foto udara menunjukkan pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima Daiichi di kota Okuma, Prefektur Fukushima pada Januari 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Kepolisian Korea Selatan (Korsel) menahan setidaknya 16 orang yang mencoba masuk ke gedung Kedutaan Besar Jepang di Seoul. Mereka merupakan pengunjuk rasa yang memprotes pelepasan air Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Fukushima ke laut.

Unjuk rasa Kamis (24/8/2023) ini digelar di hari Jepang melepaskan air yang terkontaminasi radioaktif ke Samudra Pasifik. Langkah tersebut memicu perdebatan dan kritik dari berbagai belahan dunia.

Baca Juga

Demonstran yang sebagian anak muda, sampai ke lantai delapan sebuah gedung di mana kedutaan berada. Mereka membawa spanduk yang mengecam pelepasan air PLTN itu.

"Laut bukan tong sampah Jepang, hentikan pelepasan air terkontaminasi," tulis salah satu spanduk.

Terlihat polisi di lokasi kejadian menyeret dan membawa keluar para pengunjuk rasa dari gedung dan memasukan mereka ke dalam sebuah bus. Seorang petugas polisi kantor polisi Jongno mengatakan 16 orang ditahan atas dakwaan menerobos masuk ke dalam kedutaan.

Sekitar 50 orang berkumpul dan berunjuk rasa di depan gedung kedutaan besar Jepang. Pemerintah Korsel mengatakan tidak ada masalah saintifik dengan pelepasan air tersebut, tapi meminta Tokyo transparan dalam prosesnya.

"Yang penting saat ini apakah Jepang, sesuai dengan janji pada masyarakat internasional, untuk mengikuti dengan ketat standar saintifik dan transparan dalam memberikan informasi," kata Perdana Menteri Korsel Han Duck-soo.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement