Kamis 24 Aug 2023 19:02 WIB

Panas Berkepanjangan Menimbulkan Kondisi tak Menguntungkan Bagi Pertanian Musim Dingin

Ukraina biasanya menanam gandum di musim dingin.

Rep: Lintar Satria/ Red: Nidia Zuraya
Seorang pemanen mengumpulkan gandum di desa Zghurivka, Ukraina, Selasa, 9 Agustus 2022.
Foto: AP/Efrem Lukatsky
Seorang pemanen mengumpulkan gandum di desa Zghurivka, Ukraina, Selasa, 9 Agustus 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, KIEV -- Panas berkepanjangan mengeringkan permukaan tanah di seluruh wilayah Ukraina. Dengan mengutip data badan cuaca Ukraina, analisa APK-Inform mengatakan kondisi ini tidak menguntungkan penanaman gandum di musim dingin.

Ukraina biasanya menanam gandum di musim dingin. Gandum bersama lobak dan barley musim dingin mencakup 95 persen hasil bumi Ukraina selama musim dingin.

Baca Juga

“Suhu udara yang tinggi dan kurangnya curah hujan di hampir separuh wilayah menyebabkan penurunan cadangan kelembaban produktif,” kata laporan ramalan cuaca, Kamis (24/8/2023).

“Di sebagian besar wilayah dari 0 sampai 10 centimeter permukaan atas tanah hampir kering. Kondisi ini mempersulit persiapan tanah untuk tanaman musim dingin dan mulai menabur lobak musim dingin.”

Ukraina telah memulai penanaman musim dingin untuk panen tahun 2024, dengan menabur benih lobak musim dingin.

Pada bulan ini Kementerian Pertanian Ukraina meminta para produsen  melaporkan rencana penanaman mereka pada tahun 2024 guna membuat perkiraan awal untuk musim 2024/25. Ukraina merupakan produsen pertanian besar, dengan pangsa pasar global yang signifikan untuk gandum, jagung, minyak bunga matahari, dan tanaman lainnya.

Produksi pertanian musim dingin negara itu sangat penting, karena menyumbang sebagian besar dari panen tahunan. Tanaman musim dingin ditanam pada musim gugur dan dipanen pada musim semi. Mereka cocok untuk iklim Ukraina, karena mereka dapat menahan cuaca dingin musim dingin. Beberapa tanaman musim dingin terpenting yang ditanam di Ukraina meliputi:

Gandum, jagung, bunga matahari, dan lobak musim dingin. Ukraina merupakan produsen gandum terbesar kelima di dunia, dan gandum musim dingin menyumbang sekitar 95 persen dari total produksi gandum negara itu. Ukraina juga  produsen jagung terbesar ke-7 di dunia, dan jagung musim dingin menyumbang sekitar 80% dari total produksi jagung negara itu.

Selain itu Ukraina merupakan produsen minyak bunga matahari terbesar di dunia, dan bunga matahari musim dingin menyumbang sekitar 90 persen dari total produksi bunga matahari negara itu. Ukraina juga produsen lobak terbesar ke-6 di dunia, dan sawi musim dingin menyumbang sekitar 96 persen dari total produksi lobak negara itu.

Perang di Ukraina berdampak signifikan pada produksi pertanian musim dingin negara itu. Pada 2022, karena perpindahan petani dan kerusakan infrastruktur luas area yang ditanami tanaman musim dingin berkurang signifikan. Akibatnya, panen gandum musim dingin 2022 diperkirakan turun sekitar 20 persen dari panen 2021.

Perang juga mengganggu ekspor produk pertanian Ukraina. Pelabuhan Laut Hitam negara  yang merupakan rute ekspor produk pertanian, telah diblokir pasukan Rusia. Hal ini telah menyebabkan kenaikan tajam harga pangan di seluruh dunia. 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement