Jumat 25 Aug 2023 12:21 WIB

Xi Jinping Lakukan Pertemuan dengan Presiden Kuba di Sela KTT BRICS

Saat ini hubungan Kuba-Cina berada pada tingkat tertinggi dalam sejarah.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Nidia Zuraya
Presiden Cina Xi Jinping melakukan pertemuan dengan Presiden Kuba Diaz-Canel di sela-sela KTT BRICS di Johannesburg, Afrika Selatan (Afsel), Kamis (24/8/2023).
Foto: Gianluigi Guercia/Pool via AP
Presiden Cina Xi Jinping melakukan pertemuan dengan Presiden Kuba Diaz-Canel di sela-sela KTT BRICS di Johannesburg, Afrika Selatan (Afsel), Kamis (24/8/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JOHANNESBURG – Presiden Cina Xi Jinping melakukan pertemuan dengan Presiden Kuba Diaz-Canel di sela-sela KTT BRICS di Johannesburg, Afrika Selatan (Afsel), Kamis (24/8/2023). Penguatan hubungan bilateral menjadi topik utama yang mereka bahas.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Cina Wang Wenbin mengungkapkan, dalam pertemuan itu Diaz-Canel menyampaikan kepada Xi bahwa saat ini hubungan Kuba-Cina berada pada tingkat tertinggi dalam sejarah. Diaz-Canel mengatakan, negaranya mendukung Inisiatif Pembangunan Global, Inisiatif Keamanan Global, dan Inisiatif Peradaban Global yang diusulkan oleh Xi.

Baca Juga

“Kuba siap bekerja sama dengan Cina untuk memperdalam kerja sama Belt and Road, membangun komunitas Kuba-Cina dengan masa depan bersama, dan bergerak maju bersama dalam jalur membangun sosialisme dengan karakteristik masing-masing,” kata Wang.

Selain itu, Diaz-Canel pun menyampaikan bahwa Kuba siap bekerja sama dengan Cina untuk memastikan keberhasilan G77-China Summit. Sementara itu, Xi mengenang kunjungan kenegaraan Diaz-Canel ke Beijing pada November tahun lalu. Lawatan tersebut menghasilkan konsensus untuk mempererat hubungan Cina-Kuba.

“Dengan upaya bersama dari kedua belah pihak, konsensus tersebut dilaksanakan secara efektif. Cina siap bekerja sama dengan Kuba untuk terus memperdalam rasa saling percaya politik, memperluas kerja sama praktis, memperkuat koordinasi strategis, dan memajukan hubungan persahabatan khusus antara kedua pihak dan kedua negara,” ujar Wang Wenbin.

Dalam pertemuan dengan Diaz-Canel, Xi pun mengucapkan terima kasih atas dukungan Kuba terhadap isu-isu yang berkaitan dengan kepentingan inti Cina. “Cina akan terus dengan tegas mendukung rakyat Kuba dalam perjuangan adil mereka untuk mempertahankan kedaulatan mereka dan menentang campur tangan dan blokade eksternal. Cina akan melakukan yang terbaik untuk memberikan dukungan bagi pembangunan ekonomi dan sosial Kuba,” kata Wang.

Terkait G77-China Summit, Xi mengatakan forum itu merupakan platform penting untuk kerja sama antarnegara berkembang. Xi mendukung Kuba dalam penyelenggaraan G77-China Summit bulan depan. “Cina siap bekerja sama dengan Kuba dan anggota G77 lainnya untuk lebih menjaga kepentingan bersama dan hak pembangunan negara-negara berkembang,” ujar Wang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement