Senin 28 Aug 2023 19:32 WIB

Libya Terbujuk CIA Ikut Gerbong Normalisasi Hubungan dengan Israel

Perdana menteri Libya dan direktur CIA bertemu Januari lalu.

Penandatanganan Abraham Accords dihadiri menlu Bahrain, PM Israel Benjamin Netanyahu, Presiden Donald Trump, dan menlu UEA, Selasa (15/9/2020).
Foto:

Kementerian Luar Negeri Israel tak merespons pertanyaan mengenai persoalan ini termasuk apakah Cohen mengumumkan pertemuannya dengan Mangoush di Italia, sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Libya ataukah belum. 

Pada Senin (28/8/2023), seorang pejabat Israel mengungkapkan, pertemuan antara Mangoush dan Cohen telah disepakati terlebih dahulu di tingkat lebih atas di Libya. Pertemuan itu berlangsung lebih dari satu jam. 

Dari Yerusalem Barat, Aljazirah melaporkan, seorang juru bicara Kementerian Luar Negeri Israel menyatakan pembicaraan Cohen dengan Mangoush merupakan pertemuan yang sudah dikoordinasikan antara kedua belah pihak. 

‘’Ini bukan sesuatu yang kebetulan dilakukan. Ini sengaja dilakukan, pembicaraan langsung antara keduanya dihadiri pula oleh menteri luar negeri Italia,’’ kata juru bicara tersebut. Koordinasi kedua belah pihak juga termasuk konten pengumuman. 

Namun, ia mengakui, waktu pengumuman atas pertemuan itu belum disepakati. ‘’Ini kemudian mengejutkan pihak Libya ketika Cohen menyampaikan pernyataan adanya pertemuan dengan menlu mereka,’’ katanya menegaskan. 

Secara terpisah, mantan menlu dan perdana menteri Israel, Yair Lapid mengkritik Cohen yang mengungkapkan pertemuan sensitif seperti itu kepada publik. 

‘’Negara di dunia pagi ini melihat bocornya pertemuan menlu Israel dan Libya. Mereka pun bertanya pada diri sendiri, mungkinkah membangun hubungan dengan negara ini (Israel)? Mungkinkah mempercayai negara ini?’’ ujar Lapid.

sumber : AP/Reuters
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement