Rabu 30 Aug 2023 18:56 WIB

Drone Ukraina Bakar Pesawat Angkut Militer Rusia

Serangan ini merupakan serangan terbesar Ukraina ke Rusia sejak invasi Februari 2023.

Rep: Lintar Satria/ Red: Friska Yolandha
Pejabat pemerintah Rusia mengatakan drone Ukraina menghantam setidaknya enam wilayah di dalam wilayah Rusia.
Foto: AP
Pejabat pemerintah Rusia mengatakan drone Ukraina menghantam setidaknya enam wilayah di dalam wilayah Rusia.

REPUBLIKA.CO.ID, KIEV -- Pejabat pemerintah Rusia mengatakan drone Ukraina menghantam setidaknya enam wilayah di dalam wilayah Rusia. Termasuk ke pangkalan udara di mana serangan tersebut menghancurkan sebuah pesawat transportasi militer.

Serangan ini merupakan serangan terbesar Ukraina ke wilayah Rusia sejak invasi Februari 2022. Pejabat Rusia mengatakan serangan itu mengenai target di  wilayah Pskov, Bryansk, Kaluga, Orlov, Ryazan, dan Moskow.

Baca Juga

Di Pskov yang terletak lebih dari dari 600 km dari Ukraina, terjadi kebakaran besar di sebuah lapangan terbang militer. Kantor berita Tass melaporkan setidaknya empat pesawat angkut raksasa Il-76 rusak, dua diantaranya "terbakar".

Serangan itu terjadi ketika pihak berwenang di Kyiv melaporkan sedikitnya dua orang tewas dalam apa yang mereka gambarkan sebagai serangan udara terbesar Rusia ke Kiev selama berbulan-bulan.

Rekaman yang dipublikasikan gubernur Pskov di Telegram menunjukkan kebakaran besar disertai suara sirene dan ledakan. Video lain menunjukkan sistem anti-pesawat beraksi di sekitar kota, yang hanya berjarak 32 km sebelah timur perbatasan Rusia dengan Estonia yang merupakan anggota NATO.

Moskow mengaku menggagalkan semua serangan terhadap Rusia. Biasanya Moskow menggambarkan semua serangan drone Ukraina tidak berhasil, terlepas dari kerusakan yang terjadi di lapangan.

Tidak ada komentar dari Kiev yang biasanya tidak memberikan komentar mengenai serangan ke wilayah Rusia namun mengatakan mereka mempunyai hak untuk menyerang sasaran militer untuk membela diri.

Sekutu Ukraina di Barat pada umumnya melarang Kiev menggunakan senjata yang mereka pasok untuk menyerang Rusia. Namun mengatakan Kiev memiliki hak untuk melakukan serangan tersebut dengan senjatanya sendiri.

Rusia mengatakan drone Ukraina mencoba menyerang menara TV di wilayah Bryansk. Tidak ada korban jiwa yang dilaporkan.

Moskow juga mengatakan....

 

sumber : Reuters
Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement