Kamis 31 Aug 2023 07:34 WIB

Gara-Gara Salaman, Atlet Angkat Besi Iran Dilarang Berkompetisi Seumur Hidup

Atlet angkat besi Iran ini bersalaman dengan atlet Israel.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nidia Zuraya
Angkat besi (ilustrasi). Seorang atlet angkat besi Iran, Mostafa Rajaei dilarang bertanding seumur hidup setelah bersalaman dengan atlet Israel.
Foto:

Lebih dari 1.000 atlet dari 47 negara berpartisipasi dalam kejuaraan angkat besi di Krakow. Iran tidak mengakui Israel sebagai sebuah negara dan melarang keras kontak antara atlet Iran dan Israel.

Selama bertahun-tahun, para atlet Iran menolak menghadapi atlet Israel dalam kompetisi. Atlet Iran berkali-kali didiskualifikasi dari turnamen atau mengundurkan diri dari kompetisi karena alasan medis.

Iran menghadapi kritik karena tidak mengizinkan atletnya berkompetisi melawan atlet Israel. Badan pengatur Judo dunia pada 2021 memberlakukan skorsing empat tahun terhadap Iran karena masalah tersebut.

 

Sejumlah atlet Iran membelot karena tekanan dari pihak berwenang. Di antara para atlet yang membelot adalah Alireza Firouzja, seorang ahli catur yang meninggalkan Iran setelah federasi olahraga melarangnya bermain di kejuaraan dunia 2019 karena khawatir ia akan menghadapi lawan dari Israel. Firouzja kini bermain di bawah bendera Prancis. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement