Selasa 05 Sep 2023 08:23 WIB

Israel Bantu Negara Lain Memata-matai Warganya

Pakistan jadi pelanggannya dan kini India diduga membeli alat pengawasan Israel

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Esthi Maharani
 FILE - Sebuah logo menghiasi dinding di cabang perusahaan Israel NSO Group, dekat kota Sapir, Israel selatan, 24 Agustus 2021. Ponsel enam aktivis hak asasi manusia Palestina terinfeksi spyware dari peretas Israel yang terkenal kejam. -menyewa perusahaan NSO Group pada awal Juli 2020.
Foto:

Dalam pembelaannya, perusahaan-perusahaan sistem pengawasan tersebut mengatakan, produk mereka dijual kepada pemerintah untuk memerangi terorisme. Keterlibatan Israel dalam penjualan teknologi pengawasan ke negara lain sangat kompleks dan kontroversial.  Hal ini menimbulkan pertanyaan penting mengenai keseimbangan antara permasalahan keamanan nasional dan potensi pelanggaran hak asasi manusia.

 

Israel kini menjadi pusat industri pengawasan swasta. Unit 8200 tidak hanya memata-matai warga Palestina. Namun para veterannya juga menggunakan keahlian dan keterampilan mereka untuk mengembangkan alat pengawasan yang dijual kepada pemerintah di seluruh dunia.

 

Terdapat perjanjian internasional yang mengatur ekspor teknologi pengawasan. Misalnya, Pengaturan Wassenaar bertujuan untuk mengendalikan ekspor teknologi penggunaan ganda, termasuk produk pengawasan.  Israel wajib mematuhi perjanjian ini dan memastikan bahwa teknologinya tidak digunakan untuk tujuan yang melanggar hukum.  

 

Selain itu, undang-undang domestik Israel dimaksudkan untuk membatasi pasokan teknologi tersebut, terutama ke negara-negara dengan catatan hak asasi manusia yang buruk.  Undang-undang tersebut dikritik karena terlalu lemah dan tidak ditegakkan secara memadai. Kendati demikian, pemerintah Israel mengaku mematuhi pedoman nasional dan internasional. Menurut laporan di New York Times, perdagangan teknologi ini telah membantu Israel mengembangkan hubungan diplomatik dengan negara-negara Arab seperti Maroko, Bahrain, dan UEA.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement