Kamis 14 Sep 2023 17:21 WIB

Menlu Rusia Sergey Lavrov Terima Kunjungan Menlu Junta Myanmar

Rusia ingin mengembangkan hubungan dengan seluruh negara di kawasan Asia Pasifik

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Esthi Maharani
Menteri Luar Negeri (Menlu) Rusia Sergey Lavrov akan menerima kunjungan Menlu Myanmar Than Swe yang tengah melaksanakan lawatan kerja ke Rusia.
Foto:

Rusia juga mengusulkan pembentukan kelompok untuk merencanakan proyek bersama jangka panjang dengan Myanmar. Ketua Dewan Bisnis Rusia-ASEAN Ivan Polyakov mengungkapkan, kelompok perencanaan ekonomi strategis Rusia-Myanmar akan menyusun rencana untuk mengembangkan sektor seperti energi, pertanian, infrastruktur, ekologi, pendidikan, kesehatan masyarakat, serta teknologi informasi dan komunikasi di Myanmar . Selain itu, kedua negara berencana mengembangkan kerja sama di bidang nuklir.

CEO Rosatom Alexei Likhachev mengatakan, Myanmar diperkirakan akan mencapai kesepakatan dengan Rosatom mengenai pembangunan pembangkit listrik tenaga nuklir di wilayahnya. Korporasi dan Myanmar menandatangani memorandum tentang pengembangan teknologi nuklir non-energi. Menurut Menteri Listrik dan Energi Myanmar Thaung Han, negaranya ingin mengembangkan sektor nuklir untuk mencapai kemandirian ekonomi. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement