Jumat 15 Sep 2023 15:22 WIB

Diplomat AS Kepo: Menhan Cina Kini Jadi Tahanan Rumah?

Menhan Li Shangfu selama tiga pekan tak terdengar kabarnya.

Menteri Pertahanan Nasional Cina Li Shangfu (kedua dari kiri).
Foto:

Ditanya kenapa Emanuel membahas isu ini, juru bicara Kemenlu AS Matthew Miller menyatakan Emanuel dalam sejarah kariernya kerap berbicara dengan cara beragam. 

Sebelum ditunjuk menjadi menhan pada Maret lalu, ia mengepalai unit pengadaan militer. Dalam sebuah pemberitahuan Juli, dikatakan unit sedang dalam upaya bersih-bersih proses pelelangan dan mengundang public melaporan mengenai dugaan penyelewengan pada 2017. 

Absennya Li dipantau AS yang menolak menghapus sanksi atas dirinya pada 2018 yang membeli senjata dari eksportir senjata terbesar Rusia, Rosoboronexport. Cina berulang kali mendesak AS menghapus sanksi itu demi hubungan lebih baik kedua negara. 

Menhan AS Lloyd Austin berupaya berbicara dengan Li saat menghadiri konferensi pertahanan di Singapura pada Juni tahun ini tetapi tak berhasil terlaksana. 

Wen-Ti Sung, pakar politik di Australian National University menyatakan, satu sisi Li merupakan ‘penghalang’ bagi hubungan militer AS-Cina, ketidakhadiran di depan publik dengan alasan tak jelas menjadi masalah dalam hubungan internasional Cina. 

‘’Negara lain akan penasaran mengenai sesuatu yang mendasar, nomor siapa yang ditelepon ketika mereka menginginkan dialog mengenai isu militer dengna Cina,’’ kata Wen.

 

sumber : Reuters
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement