Rabu 20 Sep 2023 07:40 WIB

Pidato di PBB, Zelenskyy Tuding Rusia Lakukan Genosida dengan Culik Anak-Anak

Zelenskiy menyoroti penculikan terhadap puluhan ribu anak-anak Ukraina setelah invasi

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Esthi Maharani
Dalam pidato di Majelis Umum PBB, Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskiy menuduh Rusia sedang melakukan genosida dengan menculik anak-anak
Foto:

Perang telah berlangsung lebih lama dan kerugian yang ditimbulkan lebih besar dari perkiraan Rusia, dan pertempuran tersebut telah memicu kecaman internasional terhadap Moskow. Namun Kremlin juga memiliki teman-teman berpengaruh yang belum ikut mengecam perang tersebut. Cina dan India telah mengambil posisi netral.  Begitu pula dengan banyak negara di Timur Tengah dan Afrika.  Banyak negara Amerika Latin dan Karibia lebih memilih memusatkan perhatian dunia pada isu-isu global lainnya, termasuk perubahan iklim dan konflik di Afrika.

Moskow ingin menunjukkan pengaruh globalnya dan hubungannya dengan Cina, serta menegaskan bahwa Cina tidak dapat dikucilkan secara internasional oleh AS dan sekutu-sekutunya di Eropa. Sementara itu, Ukraina khawatir dukungan sekutunya akan berkurang. Mereka telah memasok senjata senilai miliaran dolar tetapi khawatir persediaan mereka akan menyusut, dan kontraktor pertahanan kesulitan untuk meningkatkan jalur produksi.

Beberapa jam sebelum Zelenskyy berbicara di PBB, para pemimpin pertahanan sekutu berkumpul di pangkalan militer AS di Jerman untuk membahas langkah selanjutnya.  Beberapa negara menjanjikan lebih banyak bantuan uang dan senjata.  Namun permasalahan utamanya adalah apakah mereka akan memasok rudal jarak jauh.

Kongres AS sedang mempertimbangkan permintaan Presiden Joe Biden untuk memberikan tambahan bantuan militer dan kemanusiaan sebesar 24 miliar dolar AS ke Ukraina, di tengah meningkatnya perpecahan partisan mengenai pengeluaran anggaran untuk konflik tersebut. 

 

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement