Kamis 21 Sep 2023 09:40 WIB

Hubungan India-Kanada Semakin Terpukul

Kanada memiliki populasi penganut Sikh terbesar di luar negara bagian Punjab di India

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani
Hubungan India dan Kanada menegang terkait pertikaian atas pembunuhan seorang pemimpin separatis Sikh.
Foto:

Kanada memiliki populasi penganut Sikh terbesar di luar negara bagian Punjab di India. Sekitar 770 ribu orang melaporkan Sikhisme sebagai agama pada sensus 2021.

Khalistan adalah nama negara Sikh merdeka yang pembentukannya telah diupayakan selama beberapa dekade. Pemberontakan Sikh menewaskan puluhan ribu orang di India pada 1980-an dan awal 1990-an sebelum berhasil dipadamkan dengan tindakan keamanan yang ketat.

New Delhi telah mewaspadai kebangkitan kembali, dengan fokus khusus pada kelompok kecil Sikh di Australia, Inggris, Kanada, dan Amerika Serikat (AS). Negara-negara penampung terkadang mendukung tuntutan separatis dan kadang-kadang melancarkan protes di luar kedutaan India.

AS dan Australia menyatakan keprihatinan mendalam atas tuduhan Kanada. Sementara Inggris mengatakan pihaknya berhubungan erat dengan mitra Kanada mengenai tuduhan serius tersebut.

Pihak berwenang AS telah mendesak India untuk bekerja sama dalam penyelidikan ini. Sedangkan Inggris akan melanjutkan pembicaraan perdagangan dengan India meskipun ada tuduhan pembunuhan. Juru bicara Perdana Menteri Rishi Sunak menyatakan, London tidak ingin menyamakan perundingan mengenai perjanjian perdagangan dengan masalah lain.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement