Rabu 27 Sep 2023 05:15 WIB

Cina Terbitkan Buku Putih tentang Rencana Pembangunan Komunitas Global

Cina berusaha ciptakan masa depan yang lebih baik untuk kemakmuran bagi semua orang

Rep: Amri Amrullah/ Red: Esthi Maharani
Kantor Informasi Dewan Negara Cina pada Selasa (26/9/2023), merilis sebuah buku putih berjudul
Foto: ABC News
Kantor Informasi Dewan Negara Cina pada Selasa (26/9/2023), merilis sebuah buku putih berjudul

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Kantor Informasi Dewan Negara Cina pada Selasa (26/9/2023), merilis sebuah buku putih berjudul "Komunitas Global Masa Depan Bersama: Usulan dan Tindakan Cina." Buku putih ini menjelaskan detail laporan dan kebijakan Beijing dalam mencapai sebuah kehidupan global menuju kemakmuran bersama.

Sekitar 10 tahun yang lalu, Presiden Xi Jinping mengajukan gagasan untuk membangun sebuah komunitas global masa depan bersama, dalam konteks One Belt One Road (OBOR).

Usulannya menerangi jalan ke depan saat dunia mencari-cari solusi dari krisis, dan mewakili kontribusi Cina terhadap upaya global untuk melindungi rumah bersama. Cina berusaha menciptakan masa depan yang lebih baik untuk kemakmuran bagi semua orang, menurut buku putih tersebut.

"Untuk membangun komunitas global masa depan bersama, semua orang, semua negara, dan semua individu harus berdiri bersama melalui masa sulit dan mudah, menavigasi menuju harmoni yang lebih besar di planet yang disebut rumah ini," tulis penjelasan buku tersebut dikutip dari Xinhua.

Buku putih tersebut menyerukan upaya untuk membangun dunia yang terbuka, inklusif, bersih dan indah yang menikmati perdamaian abadi, keamanan universal, dan kemakmuran bersama, mengubah kerinduan masyarakat akan kehidupan yang lebih baik menjadi kenyataan.

Selama dekade terakhir, visi komunitas global untuk masa depan bersama terus diperkaya dan mendapatkan dukungan yang lebih luas. Kemajuan yang mantap telah terlihat dalam mengimplementasikan visi tersebut, tulis buku putih tersebut.

Sekarang ini telah diakui secara luas di komunitas internasional bahwa visi tersebut tidak ada hubungannya dengan kepentingan pribadi dan proteksionisme. Sebaliknya, dengan menyajikan visi Cina tentang arah pembangunan manusia, visi ini menghadapi pemikiran hegemonik negara-negara tertentu yang mencari supremasi, menurut buku putih tersebut.

Melihat ke masa depan, visi ini pasti akan bersinar sebagai pemikiran perintis dengan kekuatan kebenaran yang melampaui ruang dan waktu. Dan membuka prospek yang indah untuk pembangunan bersama, stabilitas jangka panjang, dan kemakmuran yang berkelanjutan bagi masyarakat manusia, demikian ungkap buku putih tersebut.

Membangun komunitas global masa depan bersama adalah visi yang bermanfaat dan proses sejarah yang membutuhkan kerja keras selama beberapa generasi, kata buku putih itu. Sekaligus menyerukan semua negara untuk bersatu dalam mengejar tujuan kebaikan bersama, merencanakan bersama, dan bertindak bersama dari hari ke hari menuju arah yang benar. Dalam membangun komunitas global masa depan bersama, dan bersama-sama menciptakan masa depan yang lebih baik bagi seluruh umat manusia.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement