Rabu 27 Sep 2023 09:32 WIB

Ratusan Orang Meninggal dalam Kebakaran di Pesta Pernikahan di Irak

Menurut laporan media setempat, api membakar ruangan acara pesta.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Nidia Zuraya
Korban tewas (ilustrasi)
Foto: www.metro.co.uk
Korban tewas (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, NINEVEH -- Lebih dari 100 orang meninggal dan 150 lainnya luka-luka dalam kebakaran di sebuah pesta pernikahan di distrik Hamdaniya di provinsi Nineveh, Irak. Kebakaran besar ini menyebabkan pasukan pertahanan sipil mencari korban selamat di kerangka bangunan yang hangus hingga dini hari pada Rabu (27/9/2023).

Wakil Gubernur Niniwe Hassan al-Allaq mengatakan 113 orang telah dipastikan meninggal dunia. Sedangkan media pemerintah menyebutkan jumlah korban meninggal sedikitnya 100 orang dan 150 orang terluka.

Baca Juga

Menurut laporan media setempat, pasukan pertahanan menyatakan, api membakar ruangan acara besar di wilayah timur laut setelah kembang api dinyalakan selama perayaan tersebut. "Kami lihat apinya berkobar, keluar dari aula. Yang berhasil keluar dan yang tidak terjebak. Yang berhasil keluar pun kebobolan," kata Imad Yohana berusia 34 tahun yang berhasil melarikan diri dari kebakaran besar tersebut.

Video dari koresponden Reuters di lokasi kejadian menunjukkan petugas pemadam kebakaran memanjat puing-puing bangunan yang hangus, menyinari reruntuhan yang membara. Menurut pernyataan resmi, ambulans dan kru medis dikirim ke lokasi tersebut oleh otoritas federal Irak dan wilayah semi-otonom Kurdistan Irak.

Informasi awal menunjukkan bahwa bangunan tersebut terbuat dari bahan konstruksi yang sangat mudah terbakar, sehingga berkontribusi terhadap keruntuhan yang cepat. Saksi mata di lokasi mengatakan, gedung tersebut terbakar sekitar pukul 22.45. waktu setempat (dan ratusan orang hadir pada saat kejadian.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement