Kamis 28 Sep 2023 01:30 WIB

Kekeringan Akut Landa Amazon, Brasil Umumkan Keadaan Darurat

Kondisi sungai yang kering berdampak pada pasokan air bersih warga.

Hutan hujan Amazon di Brasil berkutat dengan kekeringan yang akut.
Foto: AP Photo/Edmar Barros
Hutan hujan Amazon di Brasil berkutat dengan kekeringan yang akut.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOTA -- Hutan hujan Amazon di Brasil berkutat dengan kekeringan yang akut. Ini memaksa pemerintah mengeluarkan peringatan mengenai kemungkinan dampaknya terhadap 500 ribu penduduk sampai akhir tahun ini.

Pemerintah negara bagian Amazonas di Brasil barat laut pada Selasa (26/9/2023) mengumumkan keadaan darurat di 13 kota akibat kekeringan akut, sementara 16 kota lainnya diperintahkan untuk siaga.

Baca Juga

Pada 21 September, tingkat ketinggian air di Sungai Solimoes sangat rendah hingga minus 43cm. Sungai ini mengalir dari perbatasan Brasil-Peru di Barat menuju kotapraja Benjamin Constant di Amazon dekat Manaus.

Keadaan ini membuat warga setempat kesulitan mendapatkan bahan pokok seperti makanan dan air. 

Di wilayah ini, aliran sungai menjadi moda transportasi utama, namun permukaan sungai mencapai titik terendah sepanjang masa.

Selain itu, kekeringan mempengaruhi  aktivitas perikanan yang menjadi sumber utama masyarakat tepi sungai.

Gubernur Amazonas Wilson Lima melakukan perjalanan ke Brasilia, ibukota negara itu, guna menemui Presiden Luiz Inacio Lula da Silva pada Selasa membahas masalah kekeringan yang mendesak.

Berbagai tingkat pemerintahan "akan mengkoordinasikan langkah-langkah  menyokong masyarakat yang tinggal di kota terdampak," unggah Lima dalam X.

Untuk membantu mereka yang terdampak, badan pertahanan sipil Brazil meluncurkan program pengiriman bahan-bahan pokok termasuk pangan, air dan perlengkapan kebersihan pribadi.

Menurut badan perlindung sipil Brazil, kekeringan diperkirakan berlangsung lebih lama dan intens akibat fenomena cuaca El Nino, yang menghambat pembentukan awan hujan.

 

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement