Kamis 28 Sep 2023 13:28 WIB

Polandia Diguncang Skandal Pesta Seks Gay di Gereja Bersejarah

Seorang pastor adakan pesta seks gay di apartemen dalam kompleks gereja bersejarah

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Esthi Maharani
Sekelompok korban pelecehan seksual oleh para pemimpin Gereja Katolik di berbagai dunia, dan para aktivis serta pendukung mereka pada hari Rabu (27/9/2023) turun ke jalan di kota Roma, Italia.
Foto: AP
Sekelompok korban pelecehan seksual oleh para pemimpin Gereja Katolik di berbagai dunia, dan para aktivis serta pendukung mereka pada hari Rabu (27/9/2023) turun ke jalan di kota Roma, Italia.

REPUBLIKA.CO.ID, WARSAWA -- Seorang pastor Katolik di Polandia menggelar pesta gay di apartemennya dengan memesan pelacur laki-laki. Insiden ini menjadi penyelidikan jaksa setelah seorang pekerja seks sewaan pingsan karena overdosis pil disfungsi ereksi.

Menurut media lokal, Pastor Tomasz Zmarzły mengadakan pesta seks gay di apartemen yang terletak dalam satu kompleks Gereja Blessed Virgin Mary of the Angels (Gereja Santa Maria Para Malaikat) di Polandia. Gereja tersebut merupakan landmark Kota Dąbrowa Górnicza yang dibangun pada pergantian abad ke-20.

Baca Juga

Pastor yang lain kemudian menelepon layanan darurat, tetapi Pastor Zmarzły diduga menolak mengizinkan paramedis masuk ke apartemennya. Tim paramedis kemudian dilaporkan memanggil polisi. Mereka akhirnya diizinkan masuk dan menemukan pelacur pria itu di lantai tak sadarkan diri. Dia dibawa ke rumah sakit. Tak lama kemudian, dia dibolehkan pulang karena sudah pulih.

Sebuah sumber yang dekat dengan kejadian tersebut mengatakan kepada surat kabar Gazeta Wyborcza, acara pesta gay ini diselenggarakan oleh pastor dan murni bersifat seksual. Namun, Pastor Zmarzły menyangkal bahwa dia telah mengorganisasi pesta gay.

Uskup Sosnowiec yang mengawasi paroki Pastor Zmarzły mengatakan, dia telah menunjuk sebuah komisi untuk segera menjelaskan situasi yang terjadi. Sementara itu, jaksa kini telah meluncurkan penyelidikan terhadap pastor tersebut karena gagal membantu temannya yang tak sadarkan diri.

"Kantor kejaksaan setempat sedang melakukan proses sehubungan dengan kegagalan memberikan bantuan kepada seseorang yang nyawanya terancam," ujar wakil jaksa wilayah, Czesław Kurpis, dilaporkan Daily Mail.

Gereja Blessed Virgin Mary of the Angels didirikan pada 1901 di Dąbrowa Górnicza. Ini merupakan gereja pertama di Polandia yang menerima gelar basilika yang diberikan oleh Paus Leo XIII.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement