Ahad 01 Oct 2023 20:36 WIB

Rusia Tembak Jatuh Enam Drone Ukraina 

Pekan lalu, Ukraina juga menggelar serangan drone ke Rusia.

Rep: Lintar Satria/ Red: Andri Saubani
Dua orang terluka saat drone Ukraina yang dihancurkan pertahanan udara Rusia jatuh ke sebuah rumah di wilayah Moskow
Foto: AP
Dua orang terluka saat drone Ukraina yang dihancurkan pertahanan udara Rusia jatuh ke sebuah rumah di wilayah Moskow

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Rusia mengatakan sistem pertahanan udaranya menembak jatuh lima Ukraina di barat wilayah Smolensk. Serta satu drone di selatan wilayah Krasnodar. 

Dalam pernyataannya, Ahad (1/10/2023) Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan sistem pertahanan Rusia menembak satu drone Ukraina di wilayah Krasnodar pukul 05.00 Waktu Greenwich (GMT). Kementerian mengatakan sekitar pukul 06.00 GMT Rusia menembak jatuh tiga drone di atas wilayah Smolensk dan pukul 07.00 GMT sistem pertahanan menembak dua drone lagi di wilayah yang sama. 

Baca Juga

Pekan lalu Ukraina juga menggelar serangan drone ke Rusia. Gubernur wilayah Kursk, Rusia, mengatakan serangan drone Ukraina merusak beberapa rumah pribadi dan gedung pemerintah. Sementara dua drone Ukraina lainnya dihancurkan di sekitar wilayah Belgorod.  

Dalam pernyataan di aplikasi kirim-pesan Telegram, Ahad (24/9/2023) pekan lalu dua gubernur itu mengatakan berdasarkan informasi awal tidak ada korban jiwa atau terluka dalam dua serangan tersebut. Skala serangan di wilayah Kursk, yang berbatasan dengan Ukraina, tidak segera diketahui. Laporan dari medan pertempuran belum dapat diverifikasi secara independen.

Ukraina jarang mengklaim bertanggung jawab atas serangan di dalam wilayah Rusia atau di wilayah yang dikuasai Rusia di Ukraina. Tetapi dalam beberapa bulan terakhir mengatakan menghancurkan infrastruktur militer Rusia akan membantu serangan balik Kiev.

Sebelumnya dilaporkan setidaknya satu rudal Ukraina menghantam markas besar angkatan laut Laut Hitam Rusia di pelabuhan Krimea, Sevastopol, pada Jumat (22/9/2023). Pejabat Rusia mengatakan serangan siber besar-besaran juga mengganggu layanan internet di wilayah semenanjung yang dianeksasi Moskow tersebut.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan seorang prajuritnya hilang setelah serangan tersebut. Pernyataan ini merevisi komentar sebelumnya prajurit tersebut telah tewas. Kementerian mengatakan angkatan udara Ukraina menembak lima rudal. 

sumber : Reuters 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement