Jumat 06 Oct 2023 05:45 WIB

Anjing Presiden Biden Diusir dari Gedung Putih karena Gigit Petugas Dinas Rahasia AS

Anjing gembala Jerman itu terakhir terlihat di balkon atas Gedung Putih pada Sabtu.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nidia Zuraya
Seorang pawang mengajak salah satu anjing peliharaan Presiden Joe Biden dan Ibu Negara Jill Biden, Senin, 29 Maret 2021, di Halaman Selatan Gedung Putih di Washington.
Foto: /Evan Vucci
Seorang pawang mengajak salah satu anjing peliharaan Presiden Joe Biden dan Ibu Negara Jill Biden, Senin, 29 Maret 2021, di Halaman Selatan Gedung Putih di Washington.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Anjing Presiden Joe Biden tidak lagi berada di Gedung Putih karena telah menggigit seorang staf dan petugas Dinas Rahasia Amerika Serikat (AS). Juru bicara Ibu Negara Jill Biden, Elizabeth Alexander mengatakan, Presiden Biden dan istrinya sangat peduli terhadap keselamatan staf Gedung Putih dan orang-orang yang melindungi mereka setiap hari.

“Mereka berterima kasih atas kesabaran dan dukungan dari Dinas Rahasia AS dan semua yang terlibat, mereka terus berupaya mencari solusi,” kata Alexander.

Baca Juga

Alexander mengatakan, anjing Biden yang bernama Commander sudah tidak ada di Gedung Putih. Saat ini Gedung Putih sedang melakukan evaluasi lebih lanjut.

"Commandor saat ini tidak berada di Gedung Putih sementara langkah selanjutnya sedang dievaluasi," kata Alexander.

Alexander tidak mengatakan ke mana anjing itu diungsikan. Anjing gembala Jerman berusia 2 tahun itu terakhir terlihat di balkon atas Gedung Putih pada Sabtu (30/9/2023).

Pernyataan itu muncul beberapa jam setelah juru bicara Gedung Putih, Karine Jean-Pierre ditanya tentang kabar bahwa Commander telah menggigit seorang staf Gedung Putih. Jean-Pierre mengatakan, Commander dan Kepala Penjaga Halaman Gedung Putih, Dale Haney sedang bermain saat insiden penggigitan itu terjadi. Seorang turis mengambil foto Haney yang terluka akibat gigitan Commander. Dalam foto itu, luka yang diderita Haney tidak terlalu parah. Foto tersebut dibagikan kepada sebuah organisasi berita yang mempublikasikan gambar tersebut secara online.

Commander terlibat dalam serangkaian insiden gigitan. Insiden terakhir terjadi pada 25 September. Ketika itu, seorang petugas Dinas Rahasia berseragam digigit di Gedung Putih dan dirawat oleh personel medis di lokasi.

Alexander mengatakan, pada saat itu Gedung Putih dapat menjadi lingkungan yang penuh tekanan bagi hewan peliharaan keluarga. Dia menambahkan, keluarga Biden terus berupaya untuk membantu Commander menangani sifatnya yang seringkali tidak dapat diprediksi di lingkungan Gedung Putih

Menurut catatan dari Departemen Keamanan Dalam Negeri, anjing ras gembala Jerman ini telah menggigit atau menyerang personel Dinas Rahasia setidaknya 10 kali antara Oktober 2022 dan Januari. Termasuk satu insiden yang memerlukan kunjungan ke rumah sakit oleh petugas penegak hukum yang terluka.

Commander adalah anjing kedua Biden di Gedung Putih yang berperilaku agresif. Commander pernah menggigit personel Dinas Rahasia dan staf Gedung Putih.  Commander merupakan hadiah yang diberikan oleh saudara Biden, James pada Desember 2021.

Dinas Rahasia memberikan perlindungan keamanan bagi presiden dan keluarganya. Sejumlah petugasnya ditempatkan di sekitar gedung eksekutif dan halamannya yang luas.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement