Sabtu 07 Oct 2023 15:31 WIB

Para Pemenang Hadiah Nobel 2023

Pemenang bidang ekonomi akan diumumkan pada Senin (9/10/2023).

Rep: Lintar Satria/ Red: Esthi Maharani
Aktivis HAM Iran Narges Mohammadi terlihat dalam pertemuan tentang hak-hak perempuan di Teheran, Iran, pada 3 Juli 2008. Hadiah Nobel Perdamaian telah dianugerahkan kepada Narges Mohammadi pada Jumat, 6 Oktober 2023 di Oslo.
Foto: Foto AP/Vahid Salemi
Aktivis HAM Iran Narges Mohammadi terlihat dalam pertemuan tentang hak-hak perempuan di Teheran, Iran, pada 3 Juli 2008. Hadiah Nobel Perdamaian telah dianugerahkan kepada Narges Mohammadi pada Jumat, 6 Oktober 2023 di Oslo.

REPUBLIKA.CO.ID, Pekan ini panitia Hadiah Nobel mulai mengumumkan pemenang penghargaan bergengsi itu untuk tahun 2023. Nobel merupakan penghargaan pada individu dan kelompok atas kontribusi mereka pada bidang tertentu. Dikutip dari Aljazirah berikut lima pemenang tahun ini yang sudah diumumkan.

Nobel Kedokteran: Katalin Kariko dan Drew Weissman

Baca Juga

Pemenang hadiah Nobel Kedokteran tahun ini berasal dari Amerika Serikat (AS). Kariko dan Weissman dikenal atas penelitian mereka yang mengarah langsung pada vaksin mRNA pertama untuk memerangi Covid-19.

Kariko yang kelahiran Hungaria dan Weissman warga AS melakukan penelitian di University of Pennsylvania untuk memodifikasi mRNA. Mereka mulai meneliti ini sejak akhir 1990-an dan mempublikasikan penemuan penting pada tahun 2005.

Menurut lembaga pemberi penghargaan, Karolinska Institut, penelitian ini menjadi dasar pengembangan vaksin Covid-19 yang dilakukan perusahaan farmasi Pfizer dan Moderna.

Nobel Fisika: Pierre Agostini, Ferenc Krausz dan Anne L’Huillier

Tiga pemenang hadiah Nobel bidang fisika ini menggelar eksperimen yang menghasilkan pulsa cahaya sangat pendek yang mereka ukur dengan atosekon atau atau sepersejuta dari satu milyar detik. Penelitian mereka membantu memberikan gambaran dari dalam atom dan molekul.

Hal merupakan terobosan untuk bidang lain seperti memeriksa sampel darah dengan kilatan cahaya untuk mendeteksi setiap perubahan. Ini membuka kemungkinan untuk mendeteksi dini beberapa penyakit seperti kanker paru-paru.

Nobel Kimia: Moungi Bawendi, Louis Brus dan Alexei Ekimov

Tiga pemenang Nobel bidang kimia ini menemukan dan mensintesiskan titik-titik kuantum. Titik kuantum merupakan partikel yang sangat kecil yang isinya menentukan fenomena kuantum.

Peneliti yakin teknologi ini dapat membuka jalan bagi pengembangan elektronik fleksibel, sensor mini, sel surya yang lebih tipis dan komunikasi terinkripsi kuantum.

Hal yang tidak biasa media Swedia melaporkan nama pemenang sebelum panitia penghargaan mengumumkannya.

Nobel Sastra: John Fosse

Hadiah di bidang sastra diberikan pada penulis drama, novel dan esay asal Norwegia John Fosse. Panitia penghargaan mengakui "inovasi dalam drama dan prosanya yang memberikan suara pada yang tak terkatakan."

Fosse yang berusia 64 tahun menulis sekitar 40 drama serta novel, cerita pendek, buku anak-anak, puisi dan esai. Karyanya sudah diterjemahkan ke 50 bahasa.

Nobel Perdamaian: Narges Mohammadi

Aktivis hak asasi manusia Iran Narges Mohammadi menerima hadiah bidang perdamaian. Ia terpilih dari 351 nominator. Mohammadi divonis hukuman penjara selama dua dekade terakhir. Ia kenal atas gerakannya pada kebebasan dan perlawanan terhadap operasi pada perempuan Iran.

"Perempuan, kehidupan, kebebasan," kata ketua Komite Nobel Norwegia Berit Reiss-Andersen saat mengumumkan kemenangan Mohammadi. Ia mengutip slogan yang diasosiasikan dengan gerakan perempuan di Iran.

Pemenang bidang ekonomi akan diumumkan pada Senin (9/10/2023).

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement