Ahad 08 Oct 2023 17:01 WIB

750 Warga Israel Dilaporkan Hilang Pascaserangan Hamas

Sedikitnya 300 warga Israel dilaporkan tewas akibat serangan Hamas.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Nidia Zuraya
Warga Palestina menaiki kendaraan militer Israel yang diambil dari pangkalan militer yang dikuasai militan Hamas di dekat pagar Jalur Gaza, di Kota Gaza, Sabtu, 7 Oktober 2023.
Foto: AP/Abed Abu Reash
Warga Palestina menaiki kendaraan militer Israel yang diambil dari pangkalan militer yang dikuasai militan Hamas di dekat pagar Jalur Gaza, di Kota Gaza, Sabtu, 7 Oktober 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, TEL AVIV – Setidaknya 750 warga Israel dilaporkan hilang pasca operasi serangan dan infiltrasi Hamas ke beberapa kota negara tersebut yang berada di dekat perbatasan Jalur Gaza. Hamas sebelumnya sudah mengakui bahwa mereka menyandera sejumlah tentara dan warga Israel, kemudian membawanya ke Gaza.

“Menurut laporan tidak resmi, sekitar 750 warga Israel saat ini hilang,” kata Jerusalem Post lewat akun X resminya, Ahad (8/10/2023). Belum ada keterangan resmi, baik dari Israel maupun Hamas, tentang berapa banyak warga Israel yang telah dijadikan sandera.

Baca Juga

Pasca serangan serta infiltrasi Hamas pada Sabtu lalu yang menewaskan sedikitnya 300 warga Israel dan melukai lebih dari 1.500 lainnya, Israel melancarkan aksi balasan ke Jalur Gaza.

Israel mengatakan, mereka mengebom sekitar 426 saasaran di Jalur Gaza. Rumah kepala departemen intelijen Hamas menjadi salah satu target serangan udara Israel.

“Kami membunuh ratusan orang dan menangkap puluhan anggota Hamas,” kata militer Israel dalam sebuah pernyataan, dikutip laman Al Arabiya

Kantor berita Palestina, WAFA, melaporkan, serangan Israel ke Jalur Gaza telah membunuh setidaknya 313 orang. “Korban tewas akibat perang Israel yang menghancurkan di Jalur Gaza telah meningkat menjadi 313 sejak kemarin pagi, dengan lebih dari 1.990 lainnya terluka,” ungkap WAFA dalam laporannya pada Ahad, mengutip sumber-sumber medis.

Serangan di perbatasan Lebanon

Saat Israel sedang menempatkan fokusnya ke Jalur Gaza, kelompok Hizbullah melancarkan serangan artileri terhadap pos militer Israel di wilayah Perkebunan Shebaa yang terletak di perbatasan Lebanon-Israel, Ahad. “Kami menargetkan situs radar Zibdin dan Ruwaisat Al-Alam dengan misil,” kata Hizbullah dalam sebuah pernyataan, dikutip laman Al Arabiya.

Pasukan Pertahanan Israel (IDF) telah mengonfirmasi serangan artileri yang dilancarkan Hizbullah. IDF mengungkapkan, mortir ditembakkan dari Lebanon menuju Israel Utara yang menghantam situs militer Israel di Perkebunan Shebaa. “Artileri IDF saat ini menyerang wilayah di Lebanon tempat penembakan dilakukan. IDF telah mengambil langkah-langkah persiapan untuk kemungkinan seperti ini dan akan terus beroperasi di semua wilayah dan kapan saja diperlukan untuk menjamin keselamatan warga sipil Israel,” kata IDF.

Menurut koresponden Al Arabiya, tak ada korban jiwa yang dilaporkan akibat serangan Israel ke wilayah Lebanon. Saat ini Israel dilaporkan telah meminta penutupan fasilitas wisata di perbatasan dengan Lebanon.

Israel dan Lebanon terakhir kali terlibat dalam konflik terbuka pada 2006. Kedua negara secara resmi tetap berperang, dengan penjaga perdamaian PBB berpatroli di perbatasan darat. 

Pada Mei 2000, tentara Israel mengumumkan penarikannya dari sebagian besar wilayah Lebanon selatan setelah dua dekade pendudukan. Namun, Israel masih mempertahankan pendudukannya di wilayah kecil yang diklaim oleh Lebanon. Wilayah tersebut dikenal sebagai Perkebunan Shebaa. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement