Senin 09 Oct 2023 11:27 WIB

Korut Mulai Kirim Amunisi dan Persenjataan ke Rusia?

Foto satelit menunjukkan peningkatan lalu lintas kereta di perbatasan Korut-Rusia.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Nidia Zuraya
Presiden Rusia Vladimir Putin, kanan, dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un berpose untuk foto sebelum pembicaraan mereka di Vladivostok, Rusia, pada 25 April 2019.
Foto: AP/Alexander Zemlianichenko/Pool AP
Presiden Rusia Vladimir Putin, kanan, dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un berpose untuk foto sebelum pembicaraan mereka di Vladivostok, Rusia, pada 25 April 2019.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Foto-foto satelit baru-baru ini menunjukkan peningkatan tajam lalu lintas kereta api di sepanjang perbatasan Korea Utara-Rusia. Hal ini yang mengindikasikan Korea Utara memasok amunisi ke Rusia, demikian menurut sebuah lembaga pemikir Amerika Serikat (AS).

Spekulasi mengenai kemungkinan rencana Korea Utara untuk mengisi kembali gudang amunisi Rusia yang sempat terkuras. Penyebabnya adalah perang yang berlarut-larut dengan Ukraina berkobar bulan lalu. 

Baca Juga

Ketika saat itu, pemimpin Korea Utara Kim Jong Un melakukan perjalanan ke Rusia untuk bertemu dengan Presiden Vladimir Putin dan mengunjungi situs-situs militer utama. Para pejabat asing menduga Kim sedang mencari teknologi persenjataan Rusia yang canggih sebagai imbalan atas amunisi untuk meningkatkan program nuklirnya.

 "Mengingat bahwa Kim dan Putin membahas beberapa pertukaran dan kerja sama militer pada pertemuan puncak mereka baru-baru ini, peningkatan dramatis dalam lalu lintas kereta api kemungkinan mengindikasikan pasokan senjata dan amunisi Korea Utara ke Rusia," sebut sebuah situs Beyond Parallel, sebuah web yang dikelola oleh lembaga pemikir Pusat Studi Strategis dan Internasional yang berbasis di Washington, mengatakan dalam sebuah laporan pada hari Jumat lalu.

Laporan tersebut mengatakan bahwa citra satelit pada tanggal 5 Oktober menangkap "tingkat lalu lintas gerbong kereta api barang yang dramatis dan belum pernah terjadi sebelumnya" di Fasilitas Kereta Api Tumangang. 

"Namun, penggunaan terpal yang ekstensif untuk menutupi peti kemas/kontainer dan peralatan pengiriman membuat mustahil untuk mengidentifikasi secara pasti apa yang terlihat di Fasilitas Kereta Api Tumangang" di perbatasan, katanya.

Dikatakan bahwa gambar-gambar tersebut menunjukkan sekitar 73 gerbong kereta api, sementara tinjauan terhadap gambar-gambar satelit sebelumnya selama lima tahun terakhir menunjukkan sekitar 20 gerbong kereta api di fasilitas ini.

Para pejabat AS dan Korea Selatan telah memperingatkan bahwa Korea Utara dan Rusia akan menghadapi konsekuensi jika mereka melanjutkan kesepakatan transfer senjata, yang dilaporkan melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB. Aturan itu melarang semua perdagangan senjata yang melibatkan Korea Utara. 

Sejak tahun lalu, AS menuduh Korea Utara menyediakan amunisi, peluru artileri, dan roket kepada Rusia, yang kemungkinan besar merupakan tiruan dari amunisi era Soviet. Para pejabat Korea Selatan mengatakan bahwa senjata Korea Utara yang diberikan kepada Rusia telah digunakan di Ukraina. 

 

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement