Rabu 11 Oct 2023 21:26 WIB

Spanyol Peringatkan Perang Palestina-Israel dapat Meluas ke Negara Lain

Perang Hamas-Israel meningkatkan eskalasi konflik.

Rep: Mabruroh/ Red: Nashih Nashrullah
Israel serang wilayah Gaza Senin (9/10/2023). Perang Hamas-Israel meningkatkan eskalasi konflik
Foto: EPA-EFE/MOHAMMED SABER
Israel serang wilayah Gaza Senin (9/10/2023). Perang Hamas-Israel meningkatkan eskalasi konflik

REPUBLIKA.CO.ID, OVIEDO — Menteri Luar Negeri Spanyol Jose Manuel Albares memperingatkan pada Senin (9/10/2023) tentang risiko konflik Palestina-Israel yang mungkin saja bisa meluas ke negara lain. 

"Pertukaran tembakan antara Hizbullah dan Israel sangat mengkhawatirkan," kata Albares dalam sebuah wawancara dengan penyiar negara RTVE, mengacu pada serangan roket dan artileri antara kelompok militan Lebanon dan pasukan Israel pada akhir pekan lalu.  

Baca Juga

Albares mengatakan dia telah berbicara dengan rekan-rekannya di Yordania, Mesir, Qatar, Turki, dan Arab Saudi, dan mereka semua setuju tentang pentingnya menahan konflik dan mengakhiri eskalasi kekerasan. 

Albares mengatakan dia telah berbicara dua kali dengan Menteri Luar Negeri Israel Eli Cohen akhir pekan ini. Di mana Israel tetap pada pendiriannya untuk membela diri.  

"Jelas, semua negara memiliki hak itu, tetapi pada saat yang sama, pertahanan apa pun harus jatuh dalam batas hukum internasional dan kemanusiaan, sesuatu yang disorot Spanyol dalam konflik apa pun,” kata Albares dilansir dari Anadolu Agency, Selasa (10/10/2023). 

Albares mengatakan dia juga memanggil rekan Palestinanya Riyad al-Maliki, dengan siapa dia setuju bahwa tingkat kekerasan ini harus segera dihentikan dan tentang pentingnya memastikan konflik tidak meluas ke area lain seperti Tepi Barat atau Lebanon.

Menteri Luar Negeri Spanyol juga mengumumkan bahwa dua orang Spanyol telah "terpengaruh" oleh serangan terhadap Israel. RTVE melaporkan bahwa seorang wanita mungkin telah ditangkap Hamas, sementara seorang pria yang tinggal di kibbutz dekat Jalur Gaza telah hilang. 

Albares meminta Hamas untuk mengakhiri serangan dan membebaskan sekitar 150 tawanan dan mengatakan serangan terhadap Israel adalah "terorisme." 

Menteri Luar Negeri Spanyol menambahkan bahwa ada "cukup banyak orang Spanyol" di Israel akhir pekan ini tetapi setelah beberapa gangguan pada lalu lintas udara, penerbangan antara Spanyol dan Israel telah "dinormalisasi." 

Baca juga: Alquran Sebut Ada Makhluk Hidup di Luar Angkasa, tapi Apakah Alien? Ini Kata Prof Quraish

Pada Senin, Duta Besar Israel untuk Spanyol Rodica Radian-Gordon mengatakan kepada penyiar Onda Cero bahwa jumlah tawanan yang dibawa ke Jalur Gaza masih belum jelas. 

"Tak satu pun dari kita ingin menduduki kembali Jalur Gaza; ini tentang melenyapkan Hamas," katanya tentang serangan Israel ketika ditanya tentang rencana pembalasan Israel. "Prioritas utama kami adalah membawa kembali tawanan."

Kelompok perlawanan berbasis Gaza-Hamas meluncurkan Operasi Badai Al-Aqsa terhadap Israel Sabtu pagi, menembakkan rentetan roket. 

Dikatakan serangan mendadak itu sebagai tanggapan atas penyerbuan Masjid Al-Aqsa di Yerusalem Timur yang diduduki dan meningkatnya kekerasan pemukim. 

Sebagai pembalasan, tentara Israel meluncurkan Operasi Pedang Besi terhadap Hamas di Jalur Gaza, menewaskan sedikitnya 493 orang Palestina dan melukai 2.751 lainnya.

Lebih dari 1.000 orang Israel telah tewas dan lebih dari 2.300 lainnya terluka dalam pertempuran itu, menurut media Israel dan Kementerian Kesehatan. 

 

Sumber: anadolu

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement