Kamis 19 Oct 2023 08:35 WIB

Tuduhan Biden Soal Penyebab Serangan RS di Gaza Justru Bisa Buat Perang Meluas

AS mendukung Israel dengan meyakini serangan ke RS dilakukan oleh Jihad Islam

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani
Sikap Presiden AS, Joe Biden  yang menyatakan serangan yang terjadi di Rumah Sakit Rumah Sakit Al-Ahli Baptist disebabkan Jihad Islam justru bisa perang menyebar
Foto:

Dalam akhir kunjungan Biden, kantor Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengeluarkan pernyataan yang mengatakan, Israel akan mengizinkan makanan, air, dan obat-obatan mencapai Gaza selatan melalui Mesir. Israel menegaskan kembali bahwa mereka tidak akan membiarkan bantuan sampai Hamas membebaskan sekitar 200 sandera yang disandera dalam serangan 7 Oktober.

Israel pekan lalu memerintahkan lebih dari satu juta warga sipil di Gaza utara untuk berpindah ke selatan  guna menghindari serangan. Namun, nyatanya Israel pun tetap menyerang warga yang berpindah bahkan fasilitas-fasilitas seperti sekolah dan rumah sakit.

Strategi langsung Israel, kata tiga pejabat regional, adalah menghancurkan infrastruktur Gaza, bahkan dengan korban sipil yang tinggi. Tindakan ini mendorong penduduk daerah kantong tersebut menuju perbatasan Mesir.

Negara tetangga Gaza, Mesir dan Yordania, dengan tegas menolak anggapan bahwa pengungsi Palestina dapat pindah ke wilayah mereka. Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi dan para pemimpin Palestina di Tepi Barat mengecam pemindahan paksa warga sipil Gaza. Para pemimpin Palestina menyebutnya sebagai garis merah yang tidak dapat dilewati. 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement