Sabtu 21 Oct 2023 10:58 WIB

Mantan PM Pakistan Nawaz Sharif akan Kembali dari Pengasingan

Sharif juga bersiap untuk kembali ke kancah politik menjelang pemilu.

Nawaz Sharif
Foto: Reuters/Mohsin Raza
Nawaz Sharif

REPUBLIKA.CO.ID, ISLAMABAD -- Perdana Menteri Pakistan yang pernah tiga kali menjabat, Nawaz Sharif, akan kembali ke negaranya pada Sabtu (21/10/2023) setelah empat tahun mengasingkan diri. Sharif juga bersiap untuk kembali ke kancah politik menjelang pemilu.

Negara Asia Selatan ini menghadapi krisis keamanan, ekonomi, dan politik yang tumpang tindih menjelang pemilu yang diundur ke Januari 2024, dengan lawan utama Sharif, Imran Khan, yang sangat populer, mendekam di penjara. "Ini adalah waktu untuk harapan dan perayaan. Kembalinya dia menjadi pertanda baik bagi perekonomian Pakistan dan rakyatnya," kata Khawaja Muhammad Asif, pemimpin senior partai Liga Muslim Pakistan-Nawaz (PML-N) pimpinan Sharif.

Baca Juga

Sharif telah menghabiskan beberapa hari terakhir di Dubai, dan akan terbang dari sana ke ibu kota Islamabad, lalu ke Lahore, tempat para pendukungnya akan berkumpul untuk menyambut demonstrasi di kampung halamannya, kata partainya.

Kembalinya Sharif telah digembar-gemborkan selama berbulan-bulan oleh PML-N. Para pemimpinnya berharap pengaruh politik Sharif akan menghidupkan kembali popularitasnya yang lesu.

Namun, Sharif masih divonis bersalah karena korupsi dan hukuman penjara yang belum selesai menantinya. Awal pekan ini, Pengadilan Tinggi Islamabad memberikan jaminan perlindungan kepada Sharif hingga Selasa, menghilangkan ancaman penangkapan segera ketika dia kembali ke Pakistan.

Sharif telah menjadi perdana menteri tiga kali, tetapi digulingkan pada tahun 2017 dan didiskualifikasi seumur hidup dari politik setelah dinyatakan bersalah melakukan korupsi. Dia menjalani hukuman kurang dari satu tahun dari tujuh tahun hukumannya sebelum mendapatkan izin untuk mencari perawatan medis di Inggris, mengabaikan perintah pengadilan untuk kembali pada masa pemerintahan mantan perdana menteri Imran Khan.

Nasibnya berubah ketika saudaranya Shehbaz Sharif berkuasa tahun lalu dan dia mengawasi perubahan undang-undang, termasuk membatasi diskualifikasi anggota legislatif dari ikut serta dalam pemilu menjadi lima tahun.

Kembalinya Sharif kemungkinan besar dipermudah oleh kesepakatan antara pihak militer dan partainya untuk mencegah hambatan hukum yang signifikan, kata analis Zahid Hussain.

“Ada semacam kesepakatan dengan pihak militer; tanpa itu dia tidak akan memutuskan untuk kembali,” katanya kepada AFP.

 

sumber : AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement