Senin 23 Oct 2023 15:42 WIB

3 Negara Kerahkan Kapal Perang ke Timur Tengah

Setidaknya tiga negara yang mengirim kapal perang di sekitar Timur Tengah

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani
Kapal Induk USS Gerald R. Ford. Pengerahan kapal perang ke wilayah Timur Tengah dilakukan oleh beberapa negara.
Foto:

CINA

Laporan baru yang dikutip dari Sputnik mengungkapkan, Tentara Pembebasan Rakyat Cina telah menempatkan enam kapal perang di Timur Tengah pada pekan ini. Menurut situs Kementerian Pertahanan Cina, satuan tugas pengawal angkatan laut ke-44 PLA berada di Oman melakukan latihan bersama dengan angkatan laut negara tersebut.

Latihan ini dilakukan selama operasi rutin yang melibatkan kapal-kapal tersebut di wilayah Timur Tengah sejak bulan Mei. Kapal perang itu termasuk kapal perusak berpeluru kendali, kapal pasokan terintegrasi, dan fregat.

Laporan South China Morning Post menyatakan, gugus tugas tersebut mencakup Zibo, kapal perusak berpeluru kendali Tipe 052D serta fregat Jingzhou. Armada ini juga memiliki kapal pasokan terintegrasi Qiandaohu.

Media Pemerintah Cina melaporkan, gugus tugas tersebut meninggalkan ibu kota Muscat pada Sabtu (21/10/2023). Armada itu sedang dalam perjalanan ke tujuan yang tidak ditentukan. Konvoi baru tersebut dipimpin komando Teater Utara PLA dan mencakup kapal perusak Tipe 052 lainnya, Urumqi, serta fregat Linyi, dan kapal pasokan Dongpinghu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement