Selasa 07 Nov 2023 12:39 WIB

Israel Tangkap 12 Pasien Asal Gaza yang Sedang Dirawat di Rumah Sakit Yerusalem

Polisi Israel menginterogasi wakil direktur rumah sakit.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Nidia Zuraya
Polisi Israel menyisir Rumah Sakit Makassed di Yerusalem Timur untuk mencari pasien asal Gaza.
Foto:

Pasien lainnya, Mahdiya al-Shanti, juga telah dirawat di rumah sakit selama lebih dari sebulan. “Saya seharusnya pulang menjelang akhir Oktober, tapi sekarang saya tidak bisa pulang karena perang,” kata perempuan berusia 20 tahun dari Gaza utara itu.

“Sulit untuk mengetahui bagaimana keadaan keluarga saya sepanjang waktu karena internet terputus dan terkadang mereka tidak dapat mengisi daya ponsel mereka. Mereka melarikan diri ke utara menuju Khan Younis, tetapi karena tidak ada tempat yang aman di Gaza, mereka seperti berpindah dari satu zona bahaya ke zona bahaya lainnya," ujar Mahdiya.

Ayah Mahdiya menemaninya sebagai pendamping medis. Dia juga termasuk di antara mereka yang ditangkap oleh pasukan Israel pada awal bulan ini.

Menurut Mahdiya, bahwa pasukan menyerbu rumah sakit dan menerobos masuk ke kamar pasien dan kamar tempat para pendamping medis menginap. “Mereka bilang mereka sedang mencari seseorang dari Gaza,” katanya.

Mahdiya segera mengirim pesan kepada ayahnya yang berada di salah satu ruangan itu bahwaada pasukan Israel di sekitar. Namun peringatan itu sudah terlambat.

“Saya tidak tahu kemana mereka membawanya. Bagaimana mereka bisa melakukan ini di rumah sakit? Sekarang aku sendirian dan muak karena khawatir. Keluarga saya ada di Gaza, ayah saya hilang, dan saya seorang pasien di sini sendirian," kata Mahdiya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement