Kamis 23 Nov 2023 13:40 WIB

PM Jepang Kirim Surat ke Presiden Xi Jinping

Belum diketahui isi surat yang diserahkan ke Xi Jinping

Rep: Lintar Satria/ Red: Esthi Maharani
PM Jepang Kirim Surat ke Presiden Xi Jinping
Foto: AP Photo/Jeff Chiu
PM Jepang Kirim Surat ke Presiden Xi Jinping

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Stasiun televisi Jepang, NHK, melaporkan mitra junior koalisi partai berkuasa, Komeito, menyerahkan surat dari Perdana Menteri Fumio Kishida untuk Presiden Cina Xi Jinping. Surat itu diserahkan saat ketua Partai Komeito Natsuo Yamaguchi bertemu dengan tim pejabat Cina.

Surat tersebut disampaikan saat Yamaguchi bertemu kepala Sekretariat Komite Pusat Partai Komunis Cina (CPC) Cai Qi. Pada Kamis (23/11/2023) NHK menjelaskan Komite Pusat lembaga yang mengawasi operasi harian Partai Komunis Cina.

Baca Juga

Dalam laporannya NHK tidak mengungkapkan isi surat tersebut. Perwakilan Komeito dan kantor perdana menteri Jepang belum dapat dimintai komentar karena Jepang sedang musim liburan.

NHK melaporkan Yamaguchi dan Cai juga sepakat bekerjasama untuk mengembalikan dialog antara CPC dengan koalisi pemerintah Partai Demokratik Liberal (LDP) Jepang dan Komeito. Dialog tersebut dihentikan pada tahun 2018.

Pertemuan ini digelar saat dua perekonomian terbesar di Asia itu sedang berusaha memperbaiki hubungan mereka yang renggang selama bertahun-tahun karena berbagai isu. Mulai dari pelepasan air radioaktif yang Jepang lakukan ke laut, penahanan warga Jepang di Cina, isu Taiwan dan pembatasan ekspor

 

sumber : Reuters
Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement