Selasa 19 Dec 2023 12:38 WIB

Gempa di Gansu Cina Telan Ratusan Korban Jiwa

Gempa terjadi sekitar 100 kilometer barat daya ibu kota Provinsi Gansu, Lanzhou.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Setyanavidita livicansera
Para mahasiswa berkumpul di luar ruangan setelah dievakuasi dari asrama mereka di kampus Universitas Lanzhou Yuzhong di Lanzhou, barat laut Cina.
Foto: AP Photo/Wang Xi
Para mahasiswa berkumpul di luar ruangan setelah dievakuasi dari asrama mereka di kampus Universitas Lanzhou Yuzhong di Lanzhou, barat laut Cina.

REPUBLIKA.CO.ID, GANSU – Gempa berkekuatan 6,2 skala Richter mengguncang Provinsi Gansu, Cina, pada Senin (18/12/2023) malam. Lebih 100 orang sudah dilaporkan tewas akibat bencana tersebut.

Gempa terjadi sekitar 100 kilometer barat daya ibu kota Provinsi Gansu, Lanzhou, dan diikuti oleh beberapa gempa susulan yang lebih kecil. Menurut Survei Geologi AS (USGS), gempa terjadi pada pukul 23:59 waktu setempat atau tepat tengah malam.

Baca Juga

Kantor berita Cina, Xinhua, melaporkan bahwa kekuatan gempa adalah 6,2 skala Richter. Sementara USGS menyebut, gempa terjadi pada kedalaman 10 kilometer. Otoritas Cina segera meluncurkan misi tanggap darurat pascagempa tersebut. Upaya penyelamatan dan evakuasi korban dengan cepat dilakukan.

Menurut laporan China Central Television (CCTV), setidaknya 11 orang juga tewas dan lebih dari 100 lainnya luka-luka akibat gempa di kota Haidong di Provinsi Qinhai yang bersebelahan dengan Gansu. Sejauh ini penghitungan korban tewas sudah melampaui 100 jiwa.

Selain korban jiwa dan luka, Xinhua melaporkan, gempa turut menyebabkan kerusakan parah infrastruktur, termasuk banyaknya rumah warga yang roboh. Pada September 2022, Cina pernah diguncang gempa berkekuatan 6,6 skala Richter. Gempa terjadi di Provinsi Sichuan dan menyebabkan hampir 100 orang tewas.

Provinsi Sichuan juga pernah menghadapi gempa mematikan pada 2008. Kala itu gempa berkekuatan 7,9 skala Richter mengguncang provinsi tersebut. Jumlah korban tewas mencapai lebih dari 87 ribu jiwa, termasuk di dalamnya 5.335 siswa sekolah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement