Senin 22 Jan 2024 16:52 WIB

Serukan Gencatan Senjata, Presiden Majelis Umum PBB Ingin Pembantaian di Gaza Berakhir

Relevansi PBB dipertanyakan karena ketidakmampuannya selesaikan masalah global.

Presiden Majelis Umum PBB Dennis Francis berbicara dalam KTT ke-19 Gerakan Non Blok (GNB) di Kampala, Uganda, Jumat (19/1/2024). Francis menyerukan gencatan senjata segera di Gaza.
Foto:

Dalam pidatonya di KTT tersebut, Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa mengkritik ketidakberdayaan PBB. Apalagi, Dewan Keamanan yang diveto AS karena beberapa resolusi yang kritis terhadap Israel.

"Kita harus membangun sistem pemerintahan global yang adil dan merata, dan memiliki kapasitas untuk menanggapi kebutuhan semua orang dalam situasi ancaman dan kerugian," ujar Ramaphosa.

KTT GNB yang berlangsung sepekan merupakan pertemuan negara-negara terbesar di dunia setelah PBB. Pertemuan tingkat tinggi itu dihadiri 120 negara anggota GNB, 18 negara pengamat, dan 10 organisasi.

Di lain pihak, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menolak seruan untuk menghentikan pengeboman terhadap daerah kantong yang diblokade tersebut. Netanyahu juga menolak mengambil langkah menuju pembentukan negara Palestina, dalam skenario pascaperang yang dia siapkan.

sumber : Antara, Anadolu
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement