Jumat 26 Jan 2024 18:02 WIB

Badan Energi Atom Internasional Ingatkan Situasi di PLTN Zaporizhzhia Sangat Rentan

Zaporizhzhia merupakan pembangkit listrik terbesar di Eropa.

Foto dokumentasi Unit pembangkit listrik di PLTN Zaporizhzhia di kota Enerhodar, di selatan Ukraina, pada 12 Juni 2008. Ukraina mengonfirmasikan PLTN terbesar di Eropa itu telah diserang oleh Rusia pada Jumat (4/3/2022) dini hari.
Foto:

Grossi mengingatkan Dewan Keamanan bahwa daya listrik di luar lokasi adalah penting untuk memastikan operasi pembangkit yang aman. Ia mengakui kecelakaan nuklir memang belum terjadi, namun antisipasi harus dilakukan untuk mencegahnya.

"Kita harus melakukan apapun yang kita bisa untuk meminimalkan resiko yang ditimbulkan," kata Grossi.

Jelang penyampaian pidatonya di hadapan Dewan Keamanan PBB, Grossi juga bertemu dengan Sekretaris jenderal PBB Antonio Guterres. Dia membahas isu penting, seperti situasi keselamatan dan keamanan nuklir di Ukraina serta upaya proliferasi di Timur Tengah. Setelah pertemuan, Grossi mengatakan bahwa dirinya akan segera berkunjung ke Kiev dan Moskow.

"Saya pikir ini yang kita butuhkan. Kitabutuh diplomasi. Kita butuh diplomasi yang bekerja. Ini yang sedang saya coba lakukan," kata Grossi kepada wartawan di Kantor Pusat PBB di New York, AS.

sumber : Antara, Anadolu
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement