Jumat 16 Feb 2024 16:50 WIB

Putra Bungsu Bolsonaro Terjerat Kasus Penipuan Pinjaman Bank

Keluarga Bolsonaro tengah menghadapi tekanan hukum.

Rep: Lintar Satria/ Red: Reiny Dwinanda
Jair Renan Bolsonaro, putra bungsu mantan Presiden Brasil Jair Bolsonaro, ikut demonstrasi yang mendukung penggunaan senjata di Brasilia, Brasil, 9 Juli 2022. Jari Renan tengah menghadapi kasus penipuan, pemalsuan dokumen, dan pencucian uang terkait pengajuan pinjaman bank.
Foto:

Dokumen pengadilan menunjukkan rencana tersebut melibatkan Bolsonaro untuk menandatangani dekrit jika ia kalah dalam pemilu 2022. Bolsonaro diplot untuk menyatakan pemungutan suara tahun itu curang sebagai cara untuk membenarkan kemungkinan intervensi militer dan mengadakan pemilu ulang.

Bolsonaro tidak pernah mengeluarkan dekrit tersebut untuk menetapkan tahap akhir dari rencana yang dituduhkan. Tiga putra Bolsonaro lainnya, yakni anggota Dewan Kota Rio de Janeiro Carlos Bolsonaro, anggota Kongres Eduardo Bolsonaro, dan Senator Flavio Bolsonaro juga sedang diselidiki dalam kasus-kasus yang berbeda.

Pengadilan melarang Bolsonaro mencalonkan diri lagi hingga 2030. Itu terjadi setelah ia mengajak para pendukungnya untuk berdemonstrasi dan mendukungnya pada 25 Februari di salah satu arteri utama Sao Paulo.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement