Jumat 01 Mar 2024 00:01 WIB

BBC Telusuri Klaim Israel Bunuh 10 Ribu Pejuang Hamas

Israel tidak mampu memberikan angka pasti jumlah pejuang Hamas yang berhasil dibunuh.

Pejuang Hamas Palestina
Foto: Reuters/Ibraheem Abu Mustafa
Pejuang Hamas Palestina

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Israel mengeklaim telah membunuh 10 ribu pejuang Hamas sejak perang Gaza pecah pada 7 Oktober 2023. Namun, apakah benar atau bohong klaim negara penjajah Israel tersebut?

BBC Verify mengkaji klaim militer Israel (IDF/Israel Defense Force) yang mengatakan bahwa mereka telah membunuh lebih dari 10 ribu pejuang Hamas dalam serangan udara dan operasi darat. Namun, ada kekhawatiran mengenai apakah mereka mampu memisahkan pejuang Hamas dari warga sipil biasa.

Baca Juga

‘’BBC Verify telah berulang kali menanyakan rincian metodologi IDF dalam menghitung kematian pejuang Hamas, tetapi mereka belum memberikan tanggapan. BBC mencoba mengumpulkan gambaran yang lebih lengkap melalui klaim dan video yang diterbitkan oleh Israel,’’ tulis BBC dalam artikel berjudul ‘Israel Gaza: Checking Israel's claim to have killed 10,000 Hamas fighters', Kamis (29/2/2024).

Analisa Klaim. BBC Verify mencoba mencari kebenaran atau jawaban dengan menganalisa komentar klaim dari beberapa pejabat Israel. Kesimpulannya, Israel tidak mampu memberikan angka pasti terkait jumlah pejuang Hamas yang berhasil mereka bunuh.

‘’Referensi mengenai jumlah pejuang Hamas yang tewas dalam pengumuman klaim Israel ini lebih bersifat sporadis dan perkiraan. Ini berbeda dibandingkan dengan update informasi terbaru mengenai jumlah korban jiwa yang rutin disiarkan oleh Kementerian Kesehatan Hamas,’’ tulis BBC.

Pernyataan klaim Israel soal jumlah tewas pejuang Hamas selalu berbeda-beda. IDF sebelum perang mengatakan bahwa Hamas.....

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement