Selasa 02 Apr 2024 15:13 WIB

Pedro Sanchez Sebut Spanyol Berencana Akui Negara Palestina Bulan Juli

Spanyol merupakan negara Eropa yang paling menonjol mendukung Palestina.

Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez menyebut bahwa negaranya akan mengakui kemerdekaan Palestina pada Juli 2024.
Foto: AP/Bernat Armangue
Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez menyebut bahwa negaranya akan mengakui kemerdekaan Palestina pada Juli 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Spanyol kembali mengungkapkan rencananya untuk secara resmi mengakui Negara Palestina. Pengakuan itu akan diberikan sebelum musim panas, yakni bulan Juli, menurut Perdana Menteri Pedro Sanchez pada Senin (1/4/2024).

Dikutip dari Jerusalem Post, Sanchez menyampaikan pengumuman tersebut dalam percakapan informal dengan wartawan yang menemaninya dalam kunjungan resmi ke Timur Tengah, menurut laporan media Spanyol pada Selasa (2/4/2024). Pada 9 Maret lalu, Sanchez mengatakan dirinya akan mengusulkan agar parlemen Spanyol mengakui Negara Palestina pada 2027.

Baca Juga

Belum lama ini, para pemimpin Spanyol, Irlandia, Slovenia, dan Malta merilis pernyataan gabungan yang mengumumkan bahwa mereka akan mengakui Negara Palestina. Pernyataan itu mengungkapkan bahwa para pemimpin negara-negara tersebut sepakat bahwa "satu-satunya cara untuk mencapai perdamaian dan stabilitas abadi di kawasan ini adalah melalui penerapan solusi dua negara, di mana Negara Palestina dan Israel hidup berdampingan dalam perdamaian dan keamanan."

Sejak konflik Gaza meletus pada 7 Oktober 2023, Spanyol menjadi negara Eropa paling menonjol karena memperlihatkan dukungan paling kuat kepada Palestina. Pada November 2023, Sanchez mengatakan bahwa Spanyol bisa mengakui negara Palestina secara sepihak, bahkan jika Uni Eropa tidak setuju.

sumber : Antara, Anadolu
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement