Selasa 28 May 2024 10:12 WIB

Di Tubir Konflik, Begini Perbandingan Kekuatan Militer Mesir dan Israel

Kekuatan militer Mesir dan Israel relatif seimbang.

Kendaraan militer lapis baja tentara Mesir ditempatkan di depan perbatasan Rafah antara Jalur Gaza dan Mesir, di Rafah, 12 November 2023.
Foto: EPA-EFE/KHALED ELFIQI
Kendaraan militer lapis baja tentara Mesir ditempatkan di depan perbatasan Rafah antara Jalur Gaza dan Mesir, di Rafah, 12 November 2023.

Oleh Fitriyan Zamzami

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Baku tembak antara tentara Mesir dan tentara pasukan penjajahan Israel di perbatasan Rafah memicu kekhawatiran soal meluasnya konflik di Timur Tengah menyusul serangan brutal Israel ke Gaza. Bagaimana perbandingan militer kedua negara tersebut?

Baca Juga

Dilansir Global Fire Power, kekuatan militer kedua negara sedianya tak sedemikian jauh berbeda. Israel sejauh ini memiliki poin Power Index 0,2596 sementara Mesir pada 0,2283. MEsir secara peringkat adalah kekuatan militer terbesar ke-15 dunia sementara Israel hanya terpaut dua tingkat dibawahnya pada peringkat ke-17. 

Warga yang bisa dikerahkan Mesir untuk berperang tercatat sekitar 45 juta orang. Dari jumlah itu, sebanyak 37,7 juta laik tempur. Sementara kekuatan manusia Israel sekitar 3,8 juta personel dengan 3,15 juta laik tempur. Rasio yang lebih tinggi pada militer Israel ini karena semua warganya diharuskan mengikuti wajib militer.

 

Tanpa pasukan cadangan, Mesir memiliki 440 ribu personel aktif sementara Israel memiliki 170 ribu personel aktif. Jumlah pasukan cadangan keduanya tak jauh berbeda, yakni 480 ribu di sisi Mesir dan 465 ribu di sisi Israel. Mesir juga memiliki 300 ribu pasukan paramiliter dibandingkan 35 ribu milik Israel.

Perbedaan tajam kedua negara tampak pada anggaran pertahanan. Data terkini mencatat Israel memiliki anggaran pertahanan senilai 24 miliar dolar AS berbanding dengan 9,4 miliar dolar AS anggaran Mesir.

Dari segi jumlah, Mesir memiliki total 1.080 pesawat militer. Jumlah ini hampir dua kali lipat punya Israel sebanyak 612 pesawat. Meski begitu, Israel memiliki lebih banyak pesawat tempur (241) dibandingkan yang dimiliki Mesir (238). Pesawat tempur generasi terkini milik Israel saat ini adalah Lockheed Martin F-35 Lightning II bikinan AS sementara Mesir menggunakan MiG-29M buatan Rusia.

photo
Keunggulan militer Mesir dibandingkan Israel. - (Global Fire Power)

Meskipun F-35 menawarkan kemampuan siluman dan sensor yang tak tertandingi, ideal bagi negara-negara yang mencari pesawat tempur multiperan mutakhir dengan kesadaran situasional tingkat lanjut, MiG-29 yang dimodernisasi dapat memberikan solusi hemat biaya bagi negara-negara yang memprioritaskan kelincahan, kemampuan manuver, dan kesederhanaan logistik. Di peringkat dunia, kekuatan udara kedua negara juga setara, yakni Israel pada peringkat ke-10 dan MEsir pada peringkat ke-11.

Untuk kekuatan darat, Mesir memiliki 5.340 tank sementara Israel memiliki 1.370 tank. Mesir juga memiliki 77.596 kendaraan lapis baja dibandingkan 43.407 kendaraan lapis baja Israel.

Di lautan, Mesir memiliki 140 kapal militer dibandingkan 67 milik Israel. Mesir juga memiliki 8 kapal selam sementara Israel mempunyai 5 kapal selam. 

Pada akhirnya, menurut Global Fire Power, Mesir mengungguli militer Israel di semua lini kecuali pada angkatan udara. Selain alutsista, Mesir juga dinilai unggul dari segi sumber daya alam, logistik, serta kondisi alam.

Akankah perang terjadi... baca halaman selanjutnya

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement