Kamis 17 Jun 2010 21:37 WIB

Sultan Hassanal Bolkiah Ceraikan Istri Keduanya

Tampak Sultan Hassanal Bolkiah didampingi oleh Ratu Saleha (kiri) dan istri keduanya, Azrinaz Mazhar Hakim pada perayaan ulangtahun Sultan ke-62.
Foto: afp
Tampak Sultan Hassanal Bolkiah didampingi oleh Ratu Saleha (kiri) dan istri keduanya, Azrinaz Mazhar Hakim pada perayaan ulangtahun Sultan ke-62.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR SRI BEGAWAN--Sultan dari negara kaya sumber daya minyak, Brunei Darussalam yaitu Sultan Hassanal Bolkiah (63 tahun) menceraikan istri keduanya yaitu mantan jurnalis televisi, Azrinaz Mazhar Hakim (30 tahun) yang dinikahi pada tahun 2005 silam, menurut laporan televisi miliki negara itu, Rabu malam (16/6).

"Sultan menceraikan istrinya,  Azrinaz Mazhar Hakim dan mencabut semua gelar kebangsawanan yang telah diberikan," ujar pejabat tinggi kerajaan, Haji Alauddin Haji Abu Bakar kepada Radio Television Brunei, seperti dilansir AFP.

Dia mengatakan, perceraian itu dilakukan berdasarkan "alasan khusus", namun tidak ada keterangan lebih lanjut. Kabar tentang perceraian itu telah beredar selama beberapa minggu.

Selama pernikahan, Azrinaz melahirkan dua anak, selain 10 anak yang telah dimiliki Sultan pada pernikahan sebelumnya. Pasangan tersebut menikah pada sebuah upacara pribadi di Kuala Lumpur tahun 2005.

Sultan tetap menikah dengan istri pertamanya yaitu Anak Hajah Saleha. Putra hasil pernikahan mereka, Pangeran Al Muhtadee Billah Bolkiah adalah pewaris tahtanya.

Pada Oktober 1981, Sultan pernah menikahi mantan pramugari Mariam Abdul Aziz. Wanita ini kemudian diceraikan pada tahun 2003.

Sultan Hasanal Bolkiah menduduki kursi kepemimpinan sebagai Sultan ke-29 di Brunei pada tahun 1967 pada pelepasan tahta ayahnya. Dilaporkan, Sultan memiliki kekayaan sekitar 20 miliar dolar AS yang diperoleh terutama. dari sumber daya minyak dan gas negara tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement