Ahad 28 Dec 2014 19:40 WIB

4 dari 5 Warga Australia Pura-pura Menyukai Kado Natal

Red:
Kado natal kerap dihadiahkan kembali ke orang lain
Foto: abc news
Kado natal kerap dihadiahkan kembali ke orang lain

NEW SOUTH WALES -- Survey terbaru menunjukkan 23 persen rumah tangga di Australia tampaknya akan menghadiahkan kembali kado natal yang tidak mereka inginkan. Dalam laporan dari Survey Langsung ING yang mensurvey 1,015 rumah tangga menunjukkan sebagian dari rumah tangga di Australia cenderung menghadiahkan kembali kado natal yang  tidak mereka sukai. Hal ini dilakukan baik oleh generasi muda maupun keluarga yang memiliki anak.

Di Australia Barat ada 17 persen rumah tangga yang mengaku biasa menghadiahkan kembali kado Natal mereka, sementara di NSW  kecenderungan ini dilakukan oleh 23 persen keluarga. Di jejaring sosial seperti Facebook banyak terungkap kisah-kisah lucu mengenai kebiasaan menghadiahkan kembali kado natal yang tidak mereka inginkan.
 
Misalnya seorang teman memutuskan menghadiahkan kembali kado pernikahan yang masih terbungkus rapi dari orang yang tidak mereka kenal, tanpa diketahui pemberi hadiah itu menempelkan kartu dan pesan didalam kado tersebut. Rasa malu baru mereka rasakan ketika menerima surat ucapan terima kasih.
 
Sementara warga yang lain mengaku menerima kado kotak P3k yang pernah dia hadiahkan kepada salah seorang anggota keluarganya satu tahun sebelumnya.
 
Sebuah riset menunjukan 4 dari 5 warga Australia akan berpura-pura menyukai kado yang tidak mereka inginkan dari pada berterus terang dan menyakiti perasaan pemberinya dengan mengaku mereka tidak menyukai hadiah tersebut.
 
Perilaku ini cenderung lebih banyak dilakukan kalangan wanita ketimbang pria. Sementara pria dua kali lebih mungkin dibandingkan wanita untuk mengatakan langsung mereka tidak suka kadonya dan bertanya bisakah kado itu diganti.
 
Pakar Sosiologi Budaya dari Universitas Murdoch, Barbara Evers mengatakan alasan wanita lebih mungkin berpura-pura untuk menyukai kadonya adalah karena umumnya wanita lebih cenderung memilih menghindari konfilk.
 
"Perempuan disosialisasikan dengan gender yang lebih bisa menyesuaikan diri,  terutama ketika orang memberikan hadiah, dimana wanita lebih cenderung untuk mengatakan 'wah bagus sekali kadonya', dan dipihak lain perempuan masih dibesarkan dengan peran gender yang berbeda,"
 
"Saya pikir sementara laki-laki kurang memiliki stigma sosial mengenai hal itu, sekali lagi kecenderungan sikap itu tidak terlepas dari bagaimana gender mereka disosialisasikan - dimana bagi laki-laki mereka kurang tidak terlalu menanggung dampak sosial jika mengaku mereka tidak menyukai sesuatu."
 
"Kondisinya jauh lebih sulit bagi perempuan untuk mengatakan 'tidak, saya tidak suka itu!"  karena kita masih dibesarkan untuk merasa lebih empati kepada orang yang memberikannya.
 
Stigma sosial mendorong perempuan untuk memikirkan dan mempertimbangkan seluruh upaya yang telah dilakukan sang pemberi hadiah untuk mengirimkan kado kepadanya mulai dari memilihnya, membungkusnya dan mengantarkannya dan akibatnya perempuan menjadi enggan untuk berterus terang mengaku tidak menyukai kado tersebut. 
 
"Ibuku memberi saya beberapa saran yang sangat bijak ketika aku pertama kali menikah, awalnya saya diminta berpura-pura menyukai cincin yang diberikan pasangan,  tapi setelah itu kita bisa meminta untuk mengganti cincin itu dengan mengatakan,' sayang, cincin ini indah sekali, tapi lain kali bisakah kita pergi bersama-sama ketika membeli perhiasan? "
 

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement