Jumat 27 Apr 2018 09:38 WIB

Ledakan Kilang Minyak di Wisconsin, 11 Orang Terluka

Kilang minyak mentah ini telah berusia 65 tahun.

Rep: Puti Almas/ Red: Andi Nur Aminah
Gas dan abu di lokasi ledakan sumur minyak (ilustrasi)
Foto: AP PHOTO
Gas dan abu di lokasi ledakan sumur minyak (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SUPERIOR -- Ledakan kilang minyak terjadi di Wisconsin, Amerika Serikat (AS) Kamis (26/4). Sebanyak 11 orang dilaporkan terluka dalam kejadian ini. Sementara banyak warga yang berada di sekitar lokasi harus dievakuasi.

Kilang minyak Husky Energy yang tepatnya terletak di Superior meledak pertama kali sekitar pukul 10 pagi waktu setempat. Kemudian sekitar pukul 11.20, ledakan kembali terjadi. Independent melansir, ledakan menyebabkan api dan asap hitam tebal terlihat semakin jelas.

Karena itu, pihak berwenang memerintahkan evakuasi terhadap semua orang dalam radius tiga mil atau lima kilometer di sekitar kilang. Demikian juga dengan penduduk yang berada dalam jangkauan area 10 mil atau 16 kilometer di selatan kota tersebut.

Api yang timbul karena ledakan dilaporkan begitu besar, sehinga Dinas Pemadam Kebakaran tidak berusaha memadamkannya. Namun, cara yang digunakan adalah dengan memompa air ke tangki di dekat kilang. Ini juga sebagai upaya mencegah ledakan berikutnya terjadi.

Husky Energy merupakan satu-satunya kilang minyak yang tersisa di Wisconsin. Tempat yang dapat memproses sekitar 50 ribu barel minyak mentah per hari ini telah berusia 65 tahun. Setidaknya cadangan minyak di kilang ini mencapai 3,6 juta barel.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement