Ahad 25 Sep 2011 08:01 WIB

Iran dan India Dukung Palestina Jadi Anggota PBB

Ahmadinejad
Ahmadinejad

REPUBLIKA.CO.ID,NEW DELHI - India dan Iran mendukung upaya Palestina untuk menjadi anggota PBB selama pertemuan antara Perdana Menteri India Manmohan Singh dan Presiden Iran Mahmud Ahmadinejad di New York, Jumat (23/9). Demikian kata media setempat Sabtu.

Laporan-laporan mengutip Menteri Luar Negeri India, Ranjan Mathai, yang mengatakan, selain hubungan bilateral, kedua pemimpin juga menegaskan kembali dukungan mereka kepada upaya Palestina untuk menjadi anggota PBB." Pertemuan itu diselenggarakan di sela-sela sidang ke-66 Majelis Umum PBB yang Singh dan Admadinejad hadiri.

Singh juga menerima pada prinsipnya undangan baru Ahmadinejad untuk mengunjungi Iran. Tanggal kunjungan perdana menteri masih dibahas. ''Karena Ketua Lok Sabha (Majelis Rendah Parlemen India) Meira Kumar tak lama lagi akan mengunjungi Iran,'' kata laporan itu.

Kedua pemimpin juga membahas serangkaian proyek ekonomi antara kedua negara, termasuk kerja sama potensial di bidang hidrokarbon. India adalah importir utama produk bensin dan gas karena ekonomi negara itu tumbuh sekitar delapan persen per tahun. Tapi, rencana untuk membangun sebuah pipa minyak dari Iran ke India melalui Pakistan masih terganggu oleh ketegangan.

sumber : Antara/Xinhua-OANA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement