Jumat 30 Jan 2015 05:19 WIB

Michelle Obama Kunjungi Arab tak Kenakan Hijab Timbulkan Kontroversi

Rep: Satya Festiani/ Red: Erik Purnama Putra
Istri  Barack Obama, Michelle Obama tak kenakan hijab saat kunjungi Arab Saudi.
Foto: Reuters
Istri Barack Obama, Michelle Obama tak kenakan hijab saat kunjungi Arab Saudi.

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Lawatan istri Presiden AS Michelle Obama ke Arab Saudi menuai kontroversi. Pasalnya, sang istri Barack Obama itu tidak mengenakan hijab. Padahal di Arab Saudi perempuan wajib mengenakan hijab.

Sebuah media, the Drudge Report, menuliskan "Michelle Sang Pemberontak Menolak Berhijab" dalam headline. Sementara itu, MNSBC menyebutkan bahwa Michelle menyampaikan pesan tanpa hijab di Arab Saudi.

Beberapa warga Arab Saudi juga terlihat kaget terhadap keputusan Michelle. Di Twitter terdapat lebih dari 1000 tweet berbahasa Arab yang menggunakan tagar #Michelle_Obama_Immodest (Michelle Obama tidak sopan) dan #Michelle_Obama_NotVeiled (Michelle Obama tak berkerudung). Namun, BBC News menyimpulkan bahwa mayoritas dari tweet tersebut memperolok atau mengkritisi tradisi Arab Saudi.

Media Business Insider menganggap tindakan Michelle tersebut bukanlah hal yang patut menjadi kontroversi. Media tersebut beralasan bahwa Michelle bukan orang pertama yang mengunjungi Arab tanpa hijab. Istri mantan presiden Laura Bush, dua mantan Menlu AS Hillary Clinton dan Condolezza Rice, serta Pemimpin Minoritas Nancy Pelosi juga pernah mengunjungi Arab tanpa menggunakan hijab.

Sementara itu, Washington Post membandingkan cara berpakaian Michelle ketika ia mengunjungi Indonesia. Saat itu, Michelle yang tengah mengunjungi masjid tampak mengenakan penutup rambut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement