Jumat 27 Feb 2015 04:33 WIB

Inggris Sebut Jihadi John Rekan Pemimpin Al Shabab

Jagal ISIS Jihadi John
Foto: Dailymail
Jagal ISIS Jihadi John

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Otoritas Inggris menghubungkan Mohammed Emwazi dengan milisi Inggris lain yang tewas di Somalia dalam serangan pesawat tanpa awak AS.

Mohammed Emwazi alias Jihadi John adalah seorang algojo ISIS yang muncul dalam video pemenggalan sandera ISIS. Dia diketahui berasal dari Inggris dan lahir di Kuwait.

Dokumen pengadilan Inggris pada Desember 2011 melaporkan Emwazi merupakan rekan Bilal al Berjawi, seorang pemimpin kelompok milisi al Shabab di Somalia. Laporan media menyebut Emwazi membantu rekannya mengawasi rekrutmen dan pelatihan anggota baru al Shabab.

Berjawi terluka dalam serangan udara 2011 di markasnya. Pada tahun yang sama, otoritas Inggris mencabut kewarganegaraannya. Pejabat Inggris menolak menanggapi kasus tersebut.

Pada Januari 2012, Berjawi tewas dalam serangan pesawat tanpa awak AS di luar Mogadishu.

Menurut artikel biografi yang dipublikasikan Combatting Terrorism Center pada 2013, Berjawi adlaah pria kelahiran Lebanon. Pria yang menikmati pendidikan di Inggris tersebut lahir di Beirut pada September 1984. Dia datang ke Inggris bersama orangtuanya saat masih anak-anak.

Dalam artikel itu Berjawi perdi ke Somalia sebelum al Shabab resmi dibentuk. Dia lantas menduduki posisi penting dalam kelompok radikal itu.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement