Ahad 24 May 2015 12:43 WIB

Pakistan Kritik Pernyataan Menhan India

Menteri Pertahanan India Manohar Parrikar.
Foto: Reuters
Menteri Pertahanan India Manohar Parrikar.

REPUBLIKA.CO.ID, ISLAMABAD -- Pakistan mengeritik pernyataan Menteri Pertahanan India Manohar Parrikar bahwa India akan menggunakan terorisme guna melawan terorisme dari negara lain.

Media India mengutip pernyataan Parrikar pada Kamis (21/5) bahwa India harus menetralkan teroris lewat teroris. Namun Penasehat Keamanan Nasional India Ajit Doval telah berusaha meredakan pernyataan kontroversial Parrikar.

Penasehat Urusan Luar Negeri dan Keamanan Nasional Pakistan Sartaj Aziz pada Sabtu (23/5) menyampaikan keprihatinan serius mengenai pernyataan yang dikeluarkan oleh Menteri Pertahanan India tersebut.

"Pernyataan itu hanya mempertegas kekhawatiran Pakistan mengenai keterlibatkan India dalam terorisme di Pakistan. Itu pasti untuk pertama kali seorang menteri pemerintah terpilih secara terbuka menyarankan penggunaan terorisme di negara lain dengan dalih mencegah terorisme dari negara tersebut atau pelaku non-negaranya," kata Aziz di dalam satu pernyataan, sebagaimana dikutip Xinhua --yang dipantau di Jakarta, Ahad siang.

Ia mengatakan Pakistan dengan tulus telah melancarkan kebijakan hubungan bertetangga yang baik dengan India.

"Terorisme adalah musuh bersama kami dan penting bagi kedua negara untuk bekerjasama guna mengalahkan ancaman ini. Pakistan telah jauh lebih menderita akibat ulah semacam itu dibandingkan dengan setiap negara lain," kata penasehat keamanan Pakistan tersebut.

Indian Express pada Jumat melaporkan bahwa Parrikar telah berkata, "Jika ada negara, mengapa Pakistan, merencanakan sesuatu terhadap negara saya, maka saya akan melakukan tindakan proaktif."

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement