Jumat 03 Jul 2015 05:49 WIB

Muslimah AS Trauma Melihat Polisi

Rep: C30/ Red: Ilham
Warga Muslim AS memprotes rencana Kongres menggelar hearing tentang Islam radikal.
Foto: AP
Warga Muslim AS memprotes rencana Kongres menggelar hearing tentang Islam radikal.

REPUBLIKA.CO.ID, MICHIGAN -- Aldhalimi melanggar parkir dan belum dibayar. Polisi memintanya untuk melepas jilbab saat melakukan pemotretan foto untuk departemen Kepolisisan Dearborn, Michigan, Amerika Serikat.

Wanita muslim ini menggugat jika haknya telah dilanggar dalam penggunaan jilbab. Aldhalimi juga mengatakan, dirinya sampai harus menangis demi mertahankan jilbabnya itu. Dia menjawab polisi yang memaksanya bahwa agama Islam melarang membuka jilbab di depan laki-laki yang bukan mahromnya.

“Sekarang, bila saya meninggalkan rumah dan melihat polisi di jalan, saya lebih memilih untuk memutar dan menggambil jalan lain, saya tidak bisa mengendalikan rasa gemetar jika melihat polisi,” ujar Aldhalimi, dilansir dari Alarabiyah.net, Jumat (3/7).

Pengacara yang bekerja untuk Aldhalimi menambahkan, polisi Dearborn telah melangar hukum federal. Memaksa masyarakatnya untuk melepaskan jilbab adalah pembangkangan terhadap hukum.

“Kita tidak harus hidup di mana penindasan pada minoritas agama dapat dimaafkan. Apalagi itu dilakukan oleh etnis yang saharusnya melindungi mereka kaum minorits itu, seperti halnya departemen kepolisisan,” ujar Direktur Michigan, Pengacara Fatina Abdrabboh.

Menurutnya, hal yang dilakukan polisi ini bukanlah yang pertama. Sebelumnya, seorang wanita muslim (27) juga dipaksa melepaskan jilbabnya saat terkena tilang pengemudian di Dearborn Heights di Michigan.

Pada kesempatan lain, muslim wanita tersebut meminta bantuan polisi wanita. Namun tidak ada yang bersedia. Maka gugatan tersebut dibuat sejak bulan Januari lalu dan berharap adanya perubahan dari kebijakan kepolisisan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement