Rabu 08 Jul 2015 07:30 WIB

Pemerintah Rusia Luncurkan Panduan Selfie yang Aman, Ada Apa?

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Bilal Ramadhan
Budaya obsesi selfie (ilustrasi)
Foto: AP PHOTO
Budaya obsesi selfie (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Pemerintah Rusia meluncurkan sebuah kampanye bagi generasi muda Rusia agar terhindar dari dari "selfie yang berbahaya". Koran lokal Izvetia melansir, Kementerian Dalam Negeri Rusia menerbitkan sebuah panduan yang dilengkapi ilustrasi untuk mengingatkan orang-orang tentang risiko yang bisa dialami ketika mengambil foto selfie.

Buklet panduan slefie ini dilengkapi ilustrasi seperti  larangan untuk mengambil selfie di atas perahu, di samping kereta yang melaju, ataupun selfie di atas atap rumah. Buklet tersebut juga dilengkapi dengan kalimat-kalimat humor guna mencegah orang-orang untuk tidak melakukan selfie yang berbahaya.

Kalimat seperti "Selfie di rel kereta api adalah ide yang buruk" dan " Selfie dengan binatang buas hasilnya tak selalu bagus" terpampang di buklet ini. Moto dari kampanye ini cukup menarik, "Bahkan sejuta likes di media sosial tidak lebih berharga dari nyawa Anda".

Kementerian Dalam Negeri Rusia menyebutkan, kampanye ini dilakukan menyusul sejumlah kecelakaan yang berujung pada kematian akibat slefie yang tidak bijaksana. Kepolisian Rusia bahkan menyebut setidaknya 10 orang meninggal dan 100 orang lainnya terluka akibat melakukan selfie sepanjang 2015 ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement