Selasa 10 Sep 2013 16:06 WIB

Pemerkosaan di Papua Tertinggi di Indonesia

Rep: Nur Aini/ Red: Mansyur Faqih
Pemerkosaan/ilustrasi
Foto: Antara
Pemerkosaan/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Lembaga PBB mengeluarkan laporan terbaru tentang pelaku pemerkosaan di enam negara Asia. Dari laporan itu, laki-laki di Papua lebih banyak yang mengaku pernah memperkosa perempuan. Laporan itu menyurvei wilayah di Indonesia dalam tiga kategori. 

Provinsi di Papua menjadi fokus penelitian bersama wilayah perkotaan dan pedesaan di Indonesia. Dari survei itu didapat, jumlah laki-laki di Provinsi Papua yang pernah memperkosa tertinggi dibanding dua wilayah lainnya. Sebanyak 48,6 persen dari laki-laki yang disurvei mengaku pernah memperkosa atau memaksa untuk berhubungan seks. 

Sementara di wilayah perkotaan jumlah laki-laki yang memperkosa lebih tinggi dibanding di pedesaan. Sebanyak 26,2 persen laki-laki yang disurvei di perkotaan mengaku pernah memperkosa. Di pedesaan, 19,5 persen laki-laki pernah memperkosa. 

Di Indonesia, PBB melaporkan satu dari lima orang laki-laki mengaku pernah memaksa perempuan berhubungan seks. Dalam laporan yang dikutip BBC, Selasa (10/9) alasan pemerkosaan beragam. Hampir tiga perempat dari mereka yang memperkosa mengatakan mereka melakukannya untuk alasan hak seksual. 

Alasan lainnya adalah pemerkosaan digunakan sebagai bentuk hukuman atau karena orang itu marah. Sementara, motivasi paling umum adalah alkohol. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement