Ahad 28 Aug 2016 23:59 WIB

Diplomat Korut di Rusia Membelot

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Bilal Ramadhan
Diplomat Korea Utara, Thae Yong Ho yang membelot
Foto: The Guardian
Diplomat Korea Utara, Thae Yong Ho yang membelot

REPUBLIKA.CO.ID, PYONGYANG -- Diplomat Korea Utara yang tidak disebutkan namanya dilaporkan telah melarikan diri dari kota Vladivostok, Rusia. Kota tersebut dekat dengan perbatasan Rusia dengan Korut dan Cina.

Pemimpin Korut Kim Jong-un tampaknya akan mendidih setelah pejabat tinggi dan keluarganya luput lagi dari tangan Kim. Namun pihak berwenang Korea Selatan tetap tenang dengan masalah ini dan memperingatkan hal tersebut belum dikonfirmasi kebenarannya.

Sebuah sumber yang dekat dengan pembelot jelas mengatakan kepada media Korsel, diplomat tersebut secara resmi bekerja di Vladivostok sebagai wakil perdagangan negara isolasi tersebut.

"Satu lagi baru saja lari dari Rusia. Ini adalah pejabat kementerian perdagangan untuk kawasan Timur," katanya dilansir dari Sunday Express, Ahad (28/8).

Kantor berita Yonhap, di ibu kota Korsel Seoul tidak melaporkan diplomat Korut yang telah melarikan diri saat di Rusia. Awal blan ini, diplomat Korut Thae Yong Ho membelot ke Korsel saat bertugas di London, Inggris.

Thae yang adalah pegolf naik pesawat dari Inggris dan telah melakukan kontak dengan agen intelijen Inggris dua bulan lalu di sebuah klub golf di Watford.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement