Rabu 18 Jan 2017 05:56 WIB

Kebakaran di Pabrik Alat Musik Rumania, Ribuan Biola Ludes

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Hazliansyah
Kebakaran
Foto: ist
Kebakaran

REPUBLIKA.CO.ID, REGHIN -- Kebakaran hebat terjadi di pabrik alat musik Hora di Kota Reghin, Rumania, Selasa (17/1). Insiden itu tak menyebabkan korban jiwa namun membuat produsen instrumen musik tersebut merugi besar.

Media lokal melaporkan, kobaran api membakar habis 4.000 biola yang sedang diproduksi. Pasalnya, si jago merah membakar fasilitas tempat penyimpanan biola.

Api juga menghancurkan atap ruang produksi dan penyimpanan bahan baku. Insiden itu diprediksi menyebabkan kerugian senilai satu juta Leu Rumania (RON) atau Rp 3,1 miliar.

Dilansir dari laman The Strad, pihak berwenang menduga kebakaran dipicu oleh korsleting listrik. Butuh kerja sama sekira 90 orang sampai api benar-benar berhasil dipadamkan.

Berdiri sejak 1951, Hora disebut sebagai produsen biola dan gitar terbesar di Eropa. Pabrik tersebut memproduksi lebih dari 50.000 gitar, 5.000 mandolin, 10.000 biola, serta 2.500 cellos dan double bass tiap tahun.

Selain alat musik modern, tempat yang mempekerjakan 300 karyawan itu juga memproduksi instrumen tradisional lain yang namanya kurang dikenal publik. Beberapa di antaranya adalah bouzoukis Irlandia, cobzas, domras, balalaikas, cimbalom, dan panflute.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement