Senin 02 Oct 2017 14:25 WIB

Indonesia Kirim Ahli Racun dalam Kasus Pembunuhan Kim

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Teguh Firmansyah
Saudara seayah Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, Kim Jong-nam.
Foto: Foto AP / Shizuo Kambayashi
Saudara seayah Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, Kim Jong-nam.

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA LUMPUR -- Kedutaan Indonesia di Malaysia mengirim ahli kimia dan racun terkait kasus pembunuhan Kim Jong-nam. Hal ini dilakukan untuk meninjau apakah benar racuh tersebut dapat membunuh Kim.

"Mereka akan mengawasi karena ada keraguan kimia yang digunakan dapat membunuh," kata seorang sumber kedutaan seperti diwartakan Themalaysianinsight, Selasa (2/10).

Siti Aisyah dari Indonesia dan Doan Thi Huong asal Vietnam sebagai pelaku pembunuhan. Atas kasus tersebut, keduanya mendapat ancaman hukuman mati.

Sementara, Siti Aisyah bersama Doan Thi Huong datang ke sidang perdana dengan pengawalan ketat. Rencanananya persidangan tersebut akan berlangsung selama 23 hari.

Dalam persidangan, pengacara kedua tersangka mempertanyakan alasan tidak diizinkan untuk berbicara dengan tiga warga Korea Utara yang diduga juga terlibat dalam pembunuhan. Mereka disebutkan dalam lembar tuduhan karena memiliki niat bersama untuk membunuh Kim.

Seperti diketahui, Kim Jong Nam tewas setelah diolesi racun oleh tersangka. Kim tewas dalam waktu 20 menit setelah diolesi racun pelumpuh saraf VX nerve agent pada 13 Februari lalu di Kuala Lumpur International Airport.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement