Ahad 28 May 2017 20:27 WIB

Muslim Portland Galang Dana untuk Korban Tewas Pembela Remaja Muslimah

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Agus Yulianto
Muslim Amerika Serikat (Ilustrasi)
Foto: Reuters
Muslim Amerika Serikat (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Komunitas Muslim di Portland, Oregon, Amerika Serikat (AS), melakukan penggalangan dana untuk membantu korban tewas dalam serangan brutal di sebuah kereta api pada Jumat (26/5) lalu. Mereka yang tewas adalah Taliesin Myrddin Namkai-Meche dan Ricky John Best.

Kedua pria tersebut tewas setelah mencoba membela seorang remaja Muslimah yang diintimidasi dengan sikap dan ujaran anti-Islam. Keduanya diserangan dan ditusuk secara brutal. Adapun pelaku penyerangan dan intimidasi tersebut bernama Jeremy Christian.

Kampanye dan proses penggalangan dana untuk korban penyerangan ini dipelopori oleh Muslim Educational Trust and Celebrate Mercy (METCM). METCM merupakan sebuah lembaga nirlaba yang bertujuan melawan arus informasi yang keliru tentang Islam.

Hingga Ahad (28/5), METCM telah menghimpun dana sekitar 165 ribu dolar AS. Dana tersebut nantinya akan diberikan kepada keluarga korban tewas dan luka akibat serangan Jeremy Christian.

"Kami ingin merespons kebencian dengan cinta, kejahatan dengan kebaikan, seperti yang diajarkan oleh imam kami, dan mengirim pesan belas kasih yang kuat melalui tindakan," tulis METCM seperti dilaporkan laman The Independent.

Menurut METCM, hal tersebut juga diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. "Nabi Muhammad berkata, kasihilah mereka yang ada di bumi dan Dia (Allah SWT) yang berada di surga akan mengasihimu," ucapnya.

Pada Jumat lalu, Namkai-Meche, Ricky John Best, dan David Cole Fletcher terlibat perkelahian dengan Jeremy Christian di dalam kereta. Ketiganya diserang dan ditusuk setelah memutuskan membela seorang remaja Muslimah yang dilecehkan dan diintimidasi oleh Christian dengan sikap dan ujaran anti-Muslim.

Christian, menurut keterangan saksi mata, berteriak dan mengatakan kepada remaja Muslimah tersebut bahwa semua umat Islam harus mati. Ketika disambangi oleh tiga pria dan mengatakan bahwa sikap dan perkataannya tak patut, Christian justru menyerang dan menusuk mereka.

Namkai Meche dan Ricky John Best akhirnya tewas. Sedangkan Cole Fletcher harus dirawat di rumah sakit. Christian pun ditangkap sesaat setelah dia turun dari kereta yang ditumpanginya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement